BPCB Melakukan Penggalian di Situs Semanding Kabupaten Kediri

BPCB melakukan penggalian penemuan struktur batu bata purbakala di Dusun Wonorejo, Desa Semanding, Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri

BPCB Melakukan Penggalian di Situs Semanding  Kabupaten Kediri
(Surya/Didik Mashudi)
Tim BPCB melakukan penggalian tumpukan batu bata kuno di situs Semanding, Kabupaten Kediri, Kamis (7/6/2018). 

TRIBUNJATIM.CO, KEDIRI - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) melakukan penggalian di lokasi penemuan struktur batu bata purbakala di Dusun Wonorejo, Desa Semanding, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Kamis (7/6/2018).

Lokasi penggalian di areal lahan seluas 5 x 7 meter yang saat ini ditanami kacang tanah. Lahan tempat ditemukannya struktur batu bata purbakala ini milik Zainudin (55) warga setempat.
Struktur batu bata kuno ini digali bagian tepinya dengan kedalaman sekitar satu meter.

Penggali kemudian membersihkan tanah yang menutupi tumpukan batu bata yang kondisinya sudah tidak utuh lagi.

Baca: Bahaya Kurang Minum Saat Bulan Puasa

Tim penggali kemudian melakukan penelitian struktur bangunan yang telah tertimbun tanah. Bangunan yang berupa tumpukan batu bata itu kondisinya tertimbun tanah dengan kedalaman lebih dari satu meter.

Nugroho arkelog dari BPCB menyebutkan, tujuan penggalian untuk melakukan studi kelayakan dan mengetahui keutuhan dari struktur bangunan batu bata merah.

Dalam penggalian ini juga dihadiri perwakilan dari Dinas Pariwisata Pemkab Kediri dan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan.

Kesimpulan sementara hasil penggalian batu bata merah purbakala strukturnya masih bagus. Bangunan purbakala ini diperkirakan bagian dari peninggalan masa kejayaan Kerajaan Kediri Dhoho Panjalu sekitar abad 12.

Baca: Jelang Lebaran, Warga 4 Dusun di Kabupaten Mojokerto Kesulitan Air Bersih

Sebelumnya struktur bangunan batu bata merah pernah diteliti Ahmad Khariri juga dari BPCB.
Hasil kajiannya ukuran batu bata merah yang ditemukan di situs Semanding ukurannya identik dengan batu bata yang ditemukan di Trowulan, Mojokerto.

Batu bata kuno itu berukuran rata-rata panjang 40 cm, lebar 24 cm dan tebal 8 cm. Namun kondisinya sebagian sudah tidak utuh lagi dan pecahannya berserakan.

Lokasi Situs Semanding berdekatan dengan Situs Adan-adan hanya berjarak sekitar 300 meter. Lokasi Situs Adan-adan telah dilakukan penelitian dengan eskavasi dan penggalian dari Puslit Arkenas.(dim)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help