Mengantisipasi Lonjakan Trafik Saat Mudik Lebaran, Tri Siapkan Kapasitas Jaringan Hingga 5300 BTS

Penyedia jasa telekomunikasi, Tri persiapkan kapasitas jaringannya untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang saat mudik Lebaran nanti.

Mengantisipasi Lonjakan Trafik Saat Mudik Lebaran, Tri Siapkan Kapasitas Jaringan Hingga 5300 BTS
Jaringan Komunikasi Tri 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Penyedia jasa telekomunikasi, Tri tengah mempersiapkan kapasitas jaringannya untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi saat mudik Lebaran nanti.

Antisipasi itu dilakukan dengan menyebar Core Network System di 19 kota untuk memudahkan melakukan pengaturan kapasitas sehingga pengaturan trafik komunikasi data Tri tidak terpusat.

Hal ini juga sekaligus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan dalam mengakses internet dengan lancar, bahkan di saat trafik padat.

Division Operation Head  PT Hutchison 3 Indonesia Zona Jawa Tengah, Jawa Timur dan Balom, Benny Sulaksono mengatakan, pihaknya telah melakukan penambahan kapasitas jaringan di 5300 BTS. Yaitu, terdiri atas 2500 unit BTS 4G LTE dan 2800 BTS 3G.

(Wajah Luna Maya Dipandang Cantik Berkelas, Sosok Ibunya yang Jarang Terekspos Jadi Ramai Komentar)

(Masih Ingat Rindu AFI? 14 Tahun Berlalu Sejak Tereliminasi, Sekarang Penampilannya Berubah Total)

Dengan memanfaatkan kanal baru di 2100 Mhz Total BTS, Tri saat ini sudah mencapai 55.000 unit, Termasuk 15.000 diantaranya BTS 4G LTE.

"Jaringan yang sudah ada, kami juga akan optimalkan dan dipusatkan pada sepanjang 2600 km jalur mudik. Peningkatan kualitas juga dilakukan dengan penempatan mobile BTS di Jawa dan Sumatera. Lalu, disebar untuk menjangkau jalan utama, jalan tol termasuk jalan tol baru," terangnya melalui keterangan resminya, Kamis (7/6/2018).

Adapun jalur mudik itu utamanya jalur Jakarta-Surabaya, Jakarta-Merak, Jakarta-Bandung, Bandung-Yogyakarta, Jalur Pantura dan Selatan.

Selain itu, fokus optimalisasi layanan juga dilakukan oleh pihak Tri di POI (points of interest) yang terdiri atas pelabuhan laut, udara, terminal bis, stasiun kereta, rest area, daerah wisata dan pusat keramaian lainnya. 

(Fakta Kasus Mayat Wanita dalam Kardus, Status Terakhir Korban Hingga Motif Pembunuh)

(Tidak Boleh Dipakai Saat Libur Lebaran, 404 Mobil Dinas Pemkot Surabaya Dikandangkan)

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help