Pj Bupati Indra Hanya Butuh 3 Bulan, Bangkalan Kembali Raih Opini WTP

Pemkab Bangkalan pernah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara beruntun mulai 2010 hingga 2013.

Pj Bupati Indra Hanya Butuh 3 Bulan, Bangkalan Kembali Raih Opini WTP
Surya/Ahmad Faisol
Pj Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi disambut Sekda Eddy Moeljono serta para asisten pemerintah ketika tiba di pintu lobi Kantor Pemkab Bangkalan, Selasa (13/3/2018) 

TRIBUNJATIM.CO, BANGKALAN - Pemkab Bangkalan pernah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara beruntun mulai 2010 hingga 2013.

Namun setelah itu, opini audit terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Bangkalan selalu mendapat predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) hingga 2017.

Opini WDP atau dalam istilah akuntansi disebut little adverse (ketidakwajaran yang kecil) yang diterima Bangkalan secara beruntun akhirnya memacu Bangkalan berbenah.

Informasi LKPD 2017 disajikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jatim disajikan dengan baik. Berdasarkan bukti-bukti audit sesuai prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Sukses di balik perolehan kembali opini WTP itu tak lepas dari tangan dingin Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh.

Baca: Lagi, Ariel Tatum Sebar Fotonya Merokok, Captionnya Ramai Komentar, yang Rela Lenyap Terbakar Api

"Awalnya saya pesimis bisa meraih WTP. Tapi alhamdulillah BPK merasa yakin argumentasi kami," ungkap Indra dalam Rapat Evaluasi Kinerja Penyelenggaran Pemerintahan pada Semua Perangkat Daerah di Pandapa Pratanu Pemkab Bangkalan, Kamis (7/6/2018).

Di hadapan Sekretaris Daerah Eddy Moeljono dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Indra menegaskan perolehan opini tersebut tak lantas membuat Pemkab Bangkalan terlena.

"Meski mendapat WTP namun masih ada catatan yang digaris bawahi BPK. Selanjutnya kita harus all out dalam pelaporan keuangan," tegasnya.

Indra didapuk sebagai karateker untuk mengisi sementara jabatan Bupati Bangkalan RK Moh Makmun Ibnu Fuad yang masa jabatannya telah berakhir pada 3 Maret 2018.

Kepala Bakorwil V Pamekasan itu dilantik sebagai Pj Bupati Bangkalan oleh Gubernur Jatim di Gedung Grahadi Surabaya pada 13 Maret 2018.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help