Peringati Hari Tumor Otak Sedunia, Surabaya Neuroscience Club Bagi Takjil Edukasi

Surabaya Neuroscience Club (SNSC) berbagi Takjil dan informasi edukasi bertajuk 'Pola Hidup Sehat untuk mencegah tumor otak'.

Peringati Hari Tumor Otak Sedunia, Surabaya Neuroscience Club Bagi Takjil Edukasi
ilustrasi 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Surabaya Neuroscience Club (SNSC) menggelar acara berbagi Takjil dan informasi edukasi bertajuk “Pola Hidup Sehat untuk mencegah tumor otak”.

Acara di bulan suci Ramadan ini, untuk memperingati Hari Tumor Otak Sedunia atau World Brain Tumor Day, Jumat (8/6/2018) hari ini.

Anggota Surabaya Neuroscience Institute (SNei) dr Rahadian Indarto Susilo, Sp.BS(K) mengatakan, pembagian takjil dan informasi edukasi kepada masyarkat dan para pengendara aka dilakukan di Jl Prof Dr Moestopo Surabaya atau di depan RSU dr Soetomo. 

"Kegiatan yang didukung oleh Perhimpunan Spesialis Bedah Saraf Indonesia (PERSPEBSI) wilayah Jatim dan Brain Tumor and Pitutary Disorder Center ini untuk meningkatkan awarness atau kepedulian masyarakat terhadap bahaya dan gejala tumor otak," ujarnya, dalam siaran tertulis ke Tribunjatim.com.

Anggota SNSC adalah para mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Bedah Saraf FK UNAIR / DrSoetomo Surabaya dan mahasiswa FK Unair lainnya.

Menurut Rahadian, sosialisai mencegah penyakit tumor otak sangat penting, karena tumor otak bisa terjadi pada siapapun tanpa memandang gender dan usia. 

Selain itu, angka pasien penderita tumor otak di Indonesia juga terus meningkat, yakni menembus angka 25 ribu pasien.

Di RSU dr Soetomo, antrian kasus tumor otak yang memerlukan operasi mencapai lebih dari 650 kasus.

Padahal sampai saat ini, kata Rahadian, penyebab pasti tumor otak masih belum diketahui. Tetapi berbagai
kemungkinan diperkirakan bisa menjadi faktor risiko penyebabnya.

"Salah satu pemicu adalah gaya hidup dan pola makan. Beberapa makanan dapat memicu terjadinya tumor otak namun ada pula makanan yang dapat membantu menutrisi otak," jelasnya.

Dengan memiliki kesehatan otak yang prima, akan mampu meminimalisir resiko tumor otak.

Buah buahan adalah salah satu makanan yang mampu menyehatkan otak manusia. Berbagai macam buah kaya akan kandungan Vitamin A, C, E, K, B6, riboflavin dan quercetin (salah satu jenis antioksidan).

"Anti oksidan adalah zat penting yang berperan menangkal radikal bebas yang berbahaya mennimbulkan mutasi bagi sel sehat menjadi sel tumor," tegas Rahadian. (*)

Penulis: Mujib Anwar
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help