Dua Musibah Kebakaran Terjadi Semalam Malang

Sehari, dua Musibah kebakaran terjadi di Kabupaten Malang, Minggu (10/6) malam. Yakni kebakaran terjadi di pabrik pengolah limbah plastik

Dua Musibah Kebakaran Terjadi Semalam Malang
achmad amru muiz/surya
Kebakaran yang terjadi di gudang pabrik pengolah limbah plastik, Senin (11/6) dini hari. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Sehari, dua Musibah kebakaran terjadi di Kabupaten Malang, Minggu (10/6) malam. Yakni kebakaran terjadi di pabrik pengolah limbah plastik PT Tri Surya milik H Siswanto di Desa Ketindan Kecamatan Lawang Kabupaten Malang, dan kebakaran dapur rumah milik Sakiman (75) di Desa Arjowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang.

Kepala Penangulanggan Bahaya Kebakaran Kabupaten Malang, Nurul Khusnaeni menjelaskan, untuk kebakaran di PT Tri Surya terjadi sekitar pukul 23.00 WIB namun baru dilaporkan sekitar pukul 01.00 WIB.

"Setelah menerima laporan kebakaran di PT Tri Surya kami langsung kerahkan empat mobil pemadam ke lokasi untuk memadamkan api," kata Nurul Khusnaeni, Senin (11/6/2018).

Selain itu, dikatakan Nurul, mengingat terjadinya musibah di PT Tri Surya cukup besar, pihaknya meminta bantuan tiga unit mobil PMK Kota Malang dan satu unit PMK dari PT Bentoel serta dua mobil tangki air BPBD dan PDAM Kabupaten Malang.

Baca: Jual Motor ke Polisi, Pria Surabaya ini Pasrah Ditangkap Polisi Sawahan

"Kami berupaya keras melakukan pemadaman api yang membakar pabrik PT Tri Surya hingga pukul 05.30 WIB api baru berhasil dipadamkan," ucap Nurul Khusaeni.

Dalam musibah kebakaran di PT Tri Surya, menurut Nurul, sementara tidak ada korban jiwa dan hanya kerugian material saja. Dan pihaknya belum mengetahui penyebab pasti kebakaran yang melanda pabrik pengolah limbah plastik tersebut.

"Silahkan ke Polres Malang yang akan melakukan penyelidikan atas musibah kebakaran tersebut," ucap Nurul.

Kebakaran yang terjadi di PT Tri Surya tersebut, ungkap Nurul, sudah terjadi dua kali salam dua tahun terakhir. Karena sebelumnya kebakaran di PT Tri Surya juga terjadi pada bulan Februari 2017 lalu.

pabrik pengolah limbah plastik tersebut dari keterangan pemiliknya belum beroperasi kembali pasca mengalami musibah kebakaran sebelumnya.

Untuk kebakaran kali ini material yang terbakar merupakan sisa dari kebakaran sebelumnya berupa tumpukan kayu dan sebagainya.

Baca: Waliono, Muadzin Bersuara Merdu di Terminal Bus Jember ini Ternyata Tuna Hasta, Lalu. . .

"Tapi untuk nilai kerugian kami belum mengetahui," tandas Nurul.

Musibah kebakaran juga menimpa dapur rumah milik Sakiman (75) di Desa Arjowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang.

Musibah kebakaran tersebut diketahui oleh isteri pemilik rumah sendiri sekitar pukul 19.30 WIB. Melihat kobaran api di dapurnya, menurut Nurul, pemilik rumah teriak minta tolong yang langsung di dengar warga sekitar.

Dan kobaran api yang membakar dapur rumah tersebut dapat dipadamkan oleh warga desa secara bergotong royong dengan menyiramkan air beramai-ramai.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran dapur rumah tersebut, dan diduga api berasal dari konsleting listrik dari saklar pompa air yang sebelumnya diketahui mengeluarkan percikan api," tutur Nurul Khusaeni. (Surya/achmad amru muiz)

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help