Lebaran 2018

Sambut Lebaran, Warga Desa di Kediri Berlomba Hias Kampung Dengan Lampu Langka

Menyambut Lebaran yang tinggal beberapa hari, warga masyarakat mulai menghias kampung halamannya.

Sambut Lebaran, Warga Desa di Kediri Berlomba Hias Kampung Dengan Lampu Langka
SURYA/DIDIK MASHUDI
Warga Dusun Sumbergayam, Desa/Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri memasang lampu lampion di depan rumahnya. 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Menyambut Lebaran yang tinggal beberapa hari, warga masyarakat mulai menghias kampung halamannya.

Seperti terlihat di Dusun Sumbergayam, Desa/Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, warga memasang lampu lampion di depan rumahnya.

Pantauan Surya lampu lampion yang cukup langka itu dihias dengan corak warna warni dari bahan kertas. Di tengahnya dipasang lampu sehingga warnanya beraneragam.

Ada juga lampu kerdip yang dipasang di teras dan pintu masuk halaman rumah. Semua pembiayaan pembuatan lampu itu hasil swadaya masyarakat.

"Lampu-lampu lampion ini dibuat oleh para pemuda desa untuk menyambut Lebaran. Nanti di pintu gerbang kampung juga dipasang lampu lampion berukuran 4 meter," ungkap Nurkabib, salah satu warga kepada Surya, Senin (11/6/2018).

Lampu lampion yang dibuat warga memang coraknya aneka ragam. Ada lampu besar yang dipasang melintang di atas jalan.

Sebagian lampu itu sudah terpasang serta diberi penerangan. Sebagian yang lain masih dibuat hiasannya. Targetnya sebelum Lebaran semua lampion sudah terpasang.

Untuk membuat aneka lampu lampion warga secara sukarela merogoh uangnya sendiri. Untuk lampu lampion kecil setidaknya butuh biaya Rp 25.000 per lampu.

Khusus lampu yang dipasang di gerbang kampung malahan didandani dengan menghabiskan biaya hingga Rp 350.000. "Total lampu yang telah dipasang sudah mencapai puluhan," tegasnya.

Selain memasang lampion hias, warga juga banyak yang memasang umbul-umbul di tepi jalan dan depan halaman rumah. Warga terlihat sangat antusias menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini. (Surya/Dim)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help