Putri Batik Kota Kediri Ungkap, Motif Batik yang Paling Ngetren dan Disukai Anak Muda Zaman Now

batik mulai dilirik dan dipakai oleh anak-anak muda zaman now atau kaum milenial, tapi syaratnya harus ...

Putri Batik Kota Kediri Ungkap, Motif Batik yang Paling Ngetren dan Disukai Anak Muda Zaman Now
SURYA/DIDIK MASHUDI
Rosa Aryanto dan Ratna Della Ashari (kiri) dua perempuan cantik penyandang gelar Putri Batik Kota Kediri. 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Dua perempuan cantik yang pernah dinobatkan sebagai Batik Kota Kediri'>Putri Batik Kota Kediri, Rosa Aryanto dan Ratna Della Ashari berharap ada desain batik dengan motif dan corak yang moderen.

Desain batik yang terkini diharapkan membangkitkan minat anak-anak muda zaman now atau kaum milenial mengenakan pakaian batik.

Minat anak-anak muda memakai pakaian batik itu saat ini masih kurang greget. Padahal minat itu dapat ditumbuhkan jika ada desain dan corak batik dengan desain model terkini.

Rosa Aryanto yang penyandang gelar Batik Kota Kediri'>Putri Batik Kota Kediri 2018 mengungkapkan harapannya pakaian batik semoga lebih kenal dan lebih dicintai sehingga masyarakat tertarik menggunakan produk batik asli buatan Kota Kediri.

Diungkapkan, saat ini motif batik di Kota Kediri yang lagi ngetrend seperti Mangga Bekisar, Beras Kutah dan batik Parang Kediri.

Namun Rosa menilai antusias anak-anak muda menggunakan pakaian batik masih sangat kurang. Untuk menarik anak muda memakai batik perlu dipikirkan membuat pakaian dengan desain model terkini.

"Kami berharap ada model-model terkini dengan tetap mempertahankan corak batik," harap siswi SMPN 7 Kota Kediri, Selasa (12/6/2018).

Sementara Ratna Della Ashari penyandang gelar Batik Kota Kediri'>Putri Batik Kota Kediri 2016 menyebutkan, batik di Kota Kediri saat ini semakin berkembang. Termasuk pengusaha UMKM yang menekuni usaha batik juga semakin banyak.

Termasuk motif-motif dan corak batik lebih beragam dan menarik. "Mungkin dengan warna-warna yang lebih cerah diharapkan bisa memikat generasi muda untuk memakai batik," harapnya.

Malahan jika ditunjang dengan gaya-gaya trend yang ada sekarang serta dipadukan dengan jaket bakal lebih diminati. Karena batik saat ini bisa dijadikan motif sepatu dan tas.

Saat ini peminat batik di kalangan anak-anak muda masih kurang. Namun kalau ada corak yang lebih moderen dan warna yang lebih fress, generasi muda menjadi lebih tertarik memakai batik.

Kedua Batik Kota Kediri'>Putri Batik Kota Kediri ini juga menekankan memakai pakaian batik sekaligus melestarikan budaya warisan leluhur serta menjamin kelangsungan kalangan UMKM batik. (Surya/Didik Mashudi)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help