Lebaran 2018

Antrean Kendaraan Pemudik Mengular di Jalur Exit Tol Bandar, Ruas Tol Jombang-Mojokerto

Kemacetan terjadi di pintu keluar Tol Bandar Kedungmulyo, bagian dari tol Jombang-Mojokerto (Jomo).

Antrean Kendaraan Pemudik Mengular di Jalur Exit Tol Bandar, Ruas Tol Jombang-Mojokerto
Surya/Sutono
Jalur Tol Fungsional Jembatan Kali Konto. 

 TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Kemacetan terjadi di pintu keluar Tol Bandar Kedungmulyo, bagian dari tol Jombang-Mojokerto (Jomo).

Antrean kendaraan mengular hingga lebih dari 1 kilometer, Rabu (13/6/2018).

Pantauan di lokasi, kemacetan ini terjadi sejak beranjak siang. Kendaraan yang melaju di tol Jomo dari arah Surabaya nampak mengular panjang di pintu keluar Gerbang Tol (GT) Bandar.

Mayoritas para pemudik ini berencana menggunakan tol Kertosono-Wilangan yang difungsionalkan pada momentum lebaran tahun ini.

Baca: Tol Ngawi-Kertosono, Ruas Ngawi-Wilangan Terpantau Lancar

Pemudik lewat tol dengan harapan tak terjebak macet sebagaimana jika melintas di jalur arteri, utamanya saat melintas di Simpang Tiga Mengkreng atau Bangjuri (Jombang-Nganjuk-Kediri).

Eudianto, pengguna jalan tol Jomo mengaku terjebak kemacetan di exit tol Bandar Kedungmulyo selama sekitar 50 menit. Pemudik asal Surabaya ini memilih melintas di tol Jomo untuk menghindari kemacetan di jalur utama.

“Ini dalam perjalanan mudik ke Ngawi, tapi sampai di sini macet panjang banget. Sudah hampir sejam, belum bisa bayar tol,” kata Rudianto kepada Surya, Rabu (13/6/2018).

Baca: Jarang Terekspos, Intip 10 Potret Ahmad Syailendra Aerlangga, Anak Bungsu Ahmad Dhani-Mulan Jameela


Kemacetan ini dipicu tingginya volume kendaraan yang melintas di tol Jomo. Kendati empat pintu pembayaran sudag dibuka seluruhnya.

Sebab, para pengguna jalan yang akan menikmati ruas tol Kertosono-Wilangan, harus membayar tol dulu di GT Bandar, baru kemudian memutar masuk ke jalur tol fungsional.

“Iya, kan bayar dulu di sini kemudian memutar lagi. Harapannya lewat tol biar lancar, malah terjebak macet,” keluh Rudianto yag mudik bersama anak bininya.

Kasat Lantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, kemacetan di pintu keluar GT Bandar ini disebabkan adanya lonjakan volume kendaraan pada H-2 Lebaran ini. Mayoritas para pemudik ingin memanfaatkan tol untuk menghemat waktu.

“Mereka berharap tak terjebak macet di jalur arteri, sehingga menggunakan jalur tol. Padahal di jalur arteri juga tidak terjadi kepadatan, sehingga nanti akan kita uraikan yang di jalur tol melalui exit Tembelang,” kata Inggal.

Rencananya, mulai besok, para pengguna jalan menggunakan jalur tol Jomo akan diarahkan keluar melalui pintu keluar atau exit Tembelang. Selanjutnya, pemudik akan menggunakan jalur arteri.

“Baru nanti yang akan menggunakan ruas tol Kertosono-Wilangan yang difungsionalkan bisa masuk melalui pintu tol Bandar. Ini untuk mengurai kepadatannya,” tandasnya.

Baca: Tol Ngawi-Kertosono, Ruas Ngawi-Wilangan Terpantau Lancar

Deputi Kepala Departemen Manajemen Pendapatan Astra Infra Tol JoMo, Achmad Rifan Tsamany, mengatakan, sejak pukul 06.30 WIB hingga tengah hari tercatat sedikitnya 3.000 kendaraan pemudik dari arah Surabaya yang keluar di GT Bandar.

Menurutnya, jika H-3 arus mudik di ruas tol JoMo terpantau hanya terjadi antrean pendek, menurut Rifan, hari ini mulai antrean lebih panjang. Kendaraan pemudik dari arah Surabaya sempat mengantre hingga mendekati satu kilometer.

"Namun sebenarnya antrean di GT Bandar terjadi sporadis, yakni pada jam-jam tertentu. Seperti hari ini, terjadi menjelang tol fungsional Wilangan-Kertosono, pada jam 06.30-0730 dan jam 10.00-11.30. Faktornya peningkatan volume kendaraan," terangnya.(Surya/sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help