Dapat Laporan, Aparat Sita Lutung Jawa yang Dipelihara Sejak Bayi

Lutung Jawa merupakan satwa yang dilindungi, tidak boleh dipelihara sembarangan. Polisi menyita Lutung Jawa itu dari terlapor.

Dapat Laporan, Aparat Sita Lutung Jawa yang Dipelihara Sejak Bayi
ISTIMEWA
Polisi menyerahkan seekor Lutung Jawa yang disita dari salah satu warga ke BKSDA. 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Gatut Satrio Wicaksono (40), warga Jl Tanjung, Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar harus berurusan dengan polisi.

Gatut diketahui memelihara Lutung Jawa dan menyimpan tiga pasang tanduk rusa.

"Lutung Jawa merupakan satwa yang dilindungi, tidak boleh dipelihara sembarangan. Kami sudah menyita Lutung Jawa itu dari terlapor," kata Kasat Reskrim Polres Blitar Kota, AKP Heri Sugiono, Rabu (13/6/2018).

Heri mengatakan terungkapnya kasus itu berdasarkan laporan dari masyarakat. Masyarakat mengadu ada warga yang memelihara Lutung Jawa di rumah.

Polisi segera menyelidiki laporan dari masyarakat itu. Hasil penyelidikan ternyata benar, polisi mendapati seekor Lutung Jawa di rumah terlapor.

"Kami segera melakukan penyitaan Lutung Jawa di rumah terlapor. Saat menggeledah rumahnya, kami juga menemukan tiga pasang tanduk rusa. Tiga pasang tanduk rusa itu juga kami sita," ujarnya.

Dikatakannya, polisi masih memproses kasus itu. Polisi juga berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dalam menangani kasus itu. Lutung Jawa yang disita dari terlapor juga sudah dititipkan ke BKSDA.

"Terlapor mengaku memelihara Lutung itu sejak masih bayi. Dia mengaku mendapatkan Lutung dari wilayah Nglegok (Kabupaten Blitar). Kasusnya masih kami proses, tetapi terlapor tidak kami tahan," kata Heri.

Polisi menjerat Gatot dengan pasal 40 ayat 2 juncto pasal 21 ayat 2 (a) dan b UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Adi Sasono
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved