Lebaran 2018

Gara-gara Dispensasi Denda, Samsat Sidoarjo Diserbu Warga

Warga berbondong-bondong menyerbu layanan SIM di Satpas dan layanan STNK di Samsat Sidoarjo.

Gara-gara Dispensasi Denda, Samsat Sidoarjo Diserbu Warga
SURYA/M TAUFIK
Suasana antrean pengurusan SIM di Satpas Sidoarjo yang membludak usai libur Lebaran 2018, Kamis (21/6/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Pemohon layanan SIM di Satpas dan layanan STNK di Samsat Sidoarjo membeludak di hari pertama beroperasi setelah libur Lebaran Idul Fitri, Kamis (21/6/2018).

Selain di Kantor Samsat, membeludaknya pemohon layanan juga terjadi di Samsat Drive Thru, di Satpas yang berada di Polresta Sidoarjo maupun layanan SIM corner dan beberapa layanan lain yang dibuka Satlantas Polresta Sidoarjo.

"Kebetulan masa berlaku SIM saya habis pas lebaran kemarin. Makanya hari ini mengurus perpanjangan," ujar seorang warga di sela mengantre pengurusan SIM di Satpas Sidoarjo.

Pemandangan serupa juga terjadi di Samsat Drive Thru alun-alun Sidoarjo. Bahkan, antrean layanan di sebelah selatan alun-alun tersebut ekor antreannya sampai keluar pintu gerbang.

"Mau bayar pajak. Pas libur kemarin ternyata jatuh tempo. Sekarang mumpung buka, langsung ngurus," jawab Firdaus, warga Buduran yang sedang mengantre bayar pajak di sana.

Antrean itu terjadi sejak pagi. Maklum, warga memilih mengurus di hari pertama agar tidak kena denda meski telat membayar pajak paska libur lebaran ini.

"Memang, di beberapa lokasi ada lonjakan. Utamanya di layanan untuk STNK," ungkap Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Dhyno Indra.

Di Samsat Induk Sidoarjo Kota, misalnya. Jumlah pengurus pajak meningkat lebih dari seratus persen dari hari biasa. Jika rata-rata dalam sehari jumlahnya sekitar 300, pengurus yang datang di hari pertama buka ini mencapai 800 orang.

Untungnya, Satlantas Polresta Sidoarjo sudah menyiapkan antisipasi. Paska libur panjang, pihaknya sengaja membuka empat loket tambahan agar antrean tidak terlalu panjang.

Dua loket tambahan itu ada di Samsat Induk Krian. Dua lainnya di Samsat Induk Sidoarjo Kota dan Samsat Drive Thru.

"Sistem pembayaran online yang sudah berjalan cukup membantu mengurangi antrean. Dengan layanan ini masyarakat bisa membayar pajak di mana saja," sebutnya.

Pada hari pertama dibukanya layanan Samsat dan Satpas, Satlantas buka sampai malam agar masyarakat yang sudah antre tidak kecewa. Sebab, dispensasi tidak adanya denda pajak yang telat hanya berlangsung satu hari.

Dibanding layanan Samsat, layanan di Satpas disebut lebih stabil. Pemohon SIM peningkatannya tidak terlalu signifikan. Meski ada lonjakan, volumenya tidak sebanyak layanan STNK.

"Layanan SIM terbilang standar. Tidak terlalu besar lonjakan pemohon di hari pertama buka ini," tegas kasat lantas. (Surya/Ufi)

Penulis: M Taufik
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help