Lebaran 2018

Usai Libur Lebaran, BI Jatim Sudah Terima Arus Balik Kas hingga Rp 3,6 Triliun

Aktivitas di sejumlah lembaga perbankan pasca libur Lebaran sudah mulai beroperasi kembali seperti biasanya.

Usai Libur Lebaran, BI Jatim Sudah Terima Arus Balik Kas hingga Rp 3,6 Triliun
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER
Sejumlah uang yang disetorkan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dari beberapa lembaga perbankan di wilayah Surabaya, Kamis (21/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Aktivitas di sejumlah lembaga perbankan pasca libur Lebaran sudah mulai beroperasi kembali seperti biasanya.

Tak terkecuali Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (BI KPw Jatim).

Baca: Akhir Hayat Soekarno yang Memilukan, Inilah Sosok Istri yang Setia Menemani hingga Meninggal Dunia

Sejak Selasa (19/6/2018) lalu, tercatat BI KPw Jatim sudah menerima cash in flow atau arus balik kas dari sejumlah lembaga perbankan di wilayah Surabaya.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SPPUR) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Edhie Haryanto mengatakan, sejak dua hari lalu hingga hari ini, BI sudah menerima setoran uang tunai usai libur Lebaran.

Jumlahnya mencapai Rp 3,6 triliun dari total realisasi uang tunai yang disiapkan untuk kebutuhan Lebaran sebanyak Rp 14,8 triliun.

Baca: Menilik Kisah Masa Kecil Jokowi yang Pernah Hidup Susah, Kena Gusur 3 Kali hingga Jadi Ojek Payung

Ia menjelaskan, hari pertama BI buka setelah Lebaran, Selasa (19/6/2018), sudah menerima setoran tunai sekitar Rp 2 triliun.

Sementara hari kedua, Rabu (20/6/2018), sebanyak kurang lebih Rp 900 miliar, disusul hari ini kurang lebih sekitar Rp 700 miliar.

"Tren masyarakat menggunakan uang tunai selama Lebaran setelah belanja kan kemudian disetorkan kembali ke bank. Artinya, penggunaan uang tunai itu hanya sebentar," katanya saat ditemui TribunJatim.com di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.

Baca: Blak-blakan Rencana Pernikahannya, Baim Wong Bocorkan Tempat hingga Ungkap Sisi Lain Paula Verhoeven

Menurutnya, masyarakat menggunakan uang tunai, apalagi masih baru, untuk kebutuhan Lebaran paling lama sekitar 1-2 minggu, selepas itu, akan disetorkan lagi ke bank.

"Kalau begitu lebih baik memakai uang non tunai. Kami dari pihak BI sih memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menyiapkan uang tunai 15,2 triliun Lebaran ini. Tetapi, kami tetap sarankan lebih menggunakan uang non tunai," ujarnya.

Baca: Pria Ini Temukan Tisu Sebelum Masuk Bioskop, Kaget Saat Baca Tulisan Tak Biasa, Kisahnya Viral

Sejak Selasa (19/6/2018) lalu, layanan tunai dan non tunai di BI KPw Jatim memang sudah mulai berjalan kembali seperti biasanya.

Mulai dari uang perkasan, layanan non tunai seperti sistem RTGS, hingga analisis data yang mulai hari ini.

Selain itu, layanan eksternal seperti penarikan uang dari perbankan, sistem pembayaran melalui RTGS dan kliring di bank juga sudah berjalan sejak tanggal 19 Juni lalu.

Baca: Mirip Pre Wedding, Intip 8 Foto Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata yang Super Romantis Ini

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Alga Wibisono
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved