Pilgub Jatim 2018

Dukung Gus Ipul-Puti, Risma Ajak Sinergikan UKM Antar Daerah

Tidak berhenti di Surabaya, Tri Rismaharini kampanyekan pasangan Cagub Cawagub nomor urut 2 Saifullah Yusuf dan Puti Guntur.

Dukung Gus Ipul-Puti, Risma Ajak Sinergikan UKM Antar Daerah
ISTIMEWA
Tri Rismaharini saat membatik di Batik Pitutur, Gresik pada Jumat (22/6/2018) 

Laporan Wartawan Tribunjatim.com, Nurul Aini.

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Tidak berhenti di Surabaya, Tri Rismaharini kampanyekan pasangan Cagub Cawagub nomor urut 2 Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno ke Gresik.

Tepatnya di Batik Pitutur, salah satu UKM batik di Desa Cerme Lor RT 002 RW 007 Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.

Risma mengayakan upaya pemberdayaan ekonomi perempuan terus diupayakan untuk menyukseskan program yang diusung Gus Ipul-Puti dalam Pilgub Jatim 2018.

Melakukan sinergi usaha kecil mikro (UKM) antar daerah di Jatim dianggap sebagai langkah tepat, sehingga dapat menghindari produk sama dan bisa bersaing sehat.

"Potensi UKM untuk menopang perekonomian di Jawa Timur sangat besar. Karena itu, saya bersama Gus Ipul dan Mbak Puti sudah berkomitmen memajukan dan memperkuat sektor UKM untuk Jawa Timur lebih makmur," kata Risma usai bertemu pemilik Batik Pitutur, H. Ilham di Gresik, Jumat (22/6/2018).

Getol Kampanyekan Gus Ipul-Mbak Puti, Risma Ungkapkan Alasannya )

Seperti halnya Batik Pitutur selain memproduksi dan melayani pemesanan batik tulis, batik cap dan sebagainya, perlu lebih sering menyediakan pelatihan pembuatan batik, pendidikan dan pengenalan produksi batik di sekolah.

Menjadi kebutuhan pula saat ini untuk mendorong produk UKM naik kelas.

Caranya, dengan memperbaiki banyak hal, di antaranya packaging, branding, desain, dan sebagainya termasuk legalitas dan perizinannya.

"Kalau untuk batik, masalah motif, perwarnaan, dan kekhasan harus menjadi pertimbangan. Itu penting sebagai syarat agar produknya bisa menyasar pasar menengah atas," kata Risma.

Sejauh ini, Surabaya mampu mendorong pertumbuhan UKM lebih baik lewat program Pahlawan Ekonomi dengan 10 ribu pelaku usaha yang bergabung dengan omzet di atas Rp 10-50 juta perbulan.

Gus Ipul-Puti Adopsi Program Surabaya untuk Jawa Timur, Risma Siap Bantu Wujudkan Demi Jatim Makmur )

Keberhasilan Surabaya menurut Risma perlu disinergikan lebih luas tentu saja jika pemimpin daerahnya memiliki komitmen yang sama.

“Nanti kita akan sinergikan antara Surabaya dan Gresik, dan juga daerah-daerah lain di Jawa Timur. Kita akan berbagi peran. Dengan begitu, posisi UKM nanti akan semakin kuat dengan kolaborasi yang produktif,” kata Risma.

Kunjungannya ke Batik Pitutur, Risma juga mencoba membatik. Walikota Surabaya tersebut juga berniat kembali ke tempat tersebut bersama Puti.

Penulis: Nurul Aini
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help