Pilgub Jatim 2018

Unik, Hilangkan Suasana Tegang Petugas di TPS Ini Kenakan Kostum Dongkrek

TPS O5 di Dusun Plaosan, Desa Jetis, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun memiliki cara unik untuk menarik minat warga datang ke TPS

Unik, Hilangkan Suasana Tegang Petugas di TPS Ini Kenakan Kostum Dongkrek
(Surya/Rahadian bagus)
Para petugas TPS berkostum Dongkrek menari diiringi musik kesenian dongkrek, berupa bunyian ‘dung 

 TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - TPS O5 di Dusun Plaosan, Desa Jetis, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun memiliki cara unik untuk menarik minat warga datang ke TPS.

Para petugas TPS berjumlah tujuh orang mengenakan kostum Dongkrek, kesenian khas Madiun.

Pagi itu, Rabu (27/6/2018) para petugas TPS berkostum Dongkrek menari diiringi musik kesenian dongkrek, berupa bunyian ‘dung’ berasal dari beduk atau kendang dan ‘krek’ dari alat musik yang disebut korek, yang diputar di pengeras suara.

Para petugas TPS ini memerankan karakter Dongkrek yang terdiri dari barisan buto kolo, orang tua sakti dan perempuan tua separo baya.

Baca: Terungkapnya Modus Pelaku Pelecehan Seksual pada Penumpang KRL, Ceritanya Viral dan Jadi Peringatan!

Aksi para petugas TPS ini menarik perhatian sejumlah para pemilih yang mulai berdatangan sejak pagi hari. Tak sedikit yang mengabadikan momen unik itu menggunakan kamera ponsel mereka.

Setelah menari beberapa menit, para petugas TPS pun kembali bertugas. Para pemilih dipanggil satu persatu, dalam bahasa jawa dengan diselingi guyonan.

Salamun (65) dan Tumirah (65) mengaku terhibur dengan penampilan para petugas TPS. Pasangan suami istri ini mengaku, waktu menunggu jadi tidak membosankan.

"Sangat menghibur, warga jadi penasaran ingin datang ke TPS,"kata warga Dusun Plaosan ini.

Sementara itu, Ketua PPS Desa Jetis, Afriza Zikri Armahadi mengatakan para petugas di TPS 05 memang sengaja menggunakan kostum Dongkrek untuk menarik minat pemilih agar datang ke TPS.

"Iya, supaya warga tertarik datang ke TPS," katanya.

Baca: Ditinggal Nyoblos, Jalan Raya Surabaya Lengang

Selain itu, kata Arma, para petugas TPS mengenakan kostum Dongkrek untuk menciptakan suasana TPS yang nyaman bagi pemilih. "Selain menarik pemilih untuk datang, jug untuk menghilangkan susana pemilu yang tegang,"katanya.

Dia menuturkan, di TPS 05 terdapat 414 pemilih terdiri dari 186 pemilih laki-laki dan 228 pemilih perempuan. Sedangkan tingkat kehadiran pemilih ke TPS mencapai 85-90 persen.

"Hampir semua warga di sini hadir ke TPS, yang tidak bisa hadir biasanya mereka sedang berada di luar kota," katanya. (rbp)

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved