Komisi X DPR RI Terkesan Cara Banyuwangi Membangun Pariwisata

Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Banyuwangi, Jumat (29/6/2018).

Komisi X DPR RI Terkesan Cara Banyuwangi Membangun Pariwisata
Surya/Haorrahman
Komisi X DPR RI mengunjungi Banyuwangi 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Banyuwangi, Jumat (29/6/2018).

Komisi yang membidangi pariwisata ini berkeliling ke sejumlah lokasi untuk melihat perkembangan pariwisata daerah diujung Jawa ini.

Wakil Ketua Komisi X Abdul Fikri Fakih mengatakan, kedatangan kunker komisi X di Banyuwangi untuk mendapatkan studi empiris referensi tentang pengembangan pariwisata daerah. Sekaligus melakukan konfirmasi tentang pesatnya perkembangan pariwisata di daerah ini.

"Selama ini Banyuwangi sering disebut sebut oleh Kementrian Pariwisata di ruang ruang sidang tentang contoh pengembangan pariwisata dari nol hingga mendatangkan banyak wisatawan. Kami ingin mengkonfirmasi langsung semua informasi ini," kata Abdul yang datang bersama 10 orang anggota tim komisi X.

Baca: Khofifah-Emil Unggul di Surabaya Versi Hitung Cepat, Partai Demokrat Sebut Bukti Kekuatan Rakyat

Didampingi Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, tim tersebut mengunjungi sejumlah lokasi di Banyuwangi.

Mulai Lounge Pemkab Banyuwangi, Mal Pelayanan Publik dan Pendopo Kabupaten. Tim juga mendatangi beberapa destinasi wisata seperti Villa Solong dan Bangsring Underwater serta melihat progres pembangunan hotel bintang empat baru.

Tim juga mendapatkan penjelasan dari Bupati Anas tentang atraksi pariwisata Banyuwangi Festival yang dikembangkan daerah hingga cara banyuwangi membangun aksesibilitas dan amenitas pariwisata.

"Banyuwangi percaya diri dengan keasliannya untuk menarik wisatawan terutama dari mancanegara dan cara ini berhasil. Dengan segala keterbatasannya Banyuwangi mampu maju, ini patut dicontoh daerah lain. Apa yang kami dengar tentang Banyuwangi sudah terkonfirmasi dengan kehadiran kami di sini," ujarnya.

Senada dengan Wakil Ketua Komisi X, anggota tim Komisi X Marlinda Irwanti, sangat terkesan sejak pertama turun di Bandara Banyuwangi. Bandara Banyuwangi menurutnya sangat kental dengan kultur budaya lokal.

Baca: Bandara Ngurah Rai Ditutup Gara-gara Abu Vulkanik Gunung Agung, Satu Pesawat Balik ke Juanda

"Bandara menjadi wajah dari wilayah baru yang kita datangi dan akan menjadi salah satu daya tarik pariwisata. Bandara Banyuwangi menampilkan kekhususan dan keunikan dari daerah. Banyuwangi jeli akan hal ini," ujar Marlinda.

Marlinda juga terkesan dengan cara Banyuwangi dalam melibatkan rakyat dalam pengembangan pariwisatanya. Rakyat dilibatkan dalan setiap even festival hingga penyiapan amenitas pariwisata.

"Kami melihat keinginan yang kuat bahwa destinasi wisata tak hanya jadi pekerjaan pemerintah, tapi juga ada partisipasi masyarakat yg luar biasa. Komisi X pasti akan memberikan dukungan untuk keberlanjutan pengembangan pariwisata di sini," ujarnya.

Abdullah Azwar Anas, menyambut baik kehadiran tim komisi X DPR RI di Banyuwangi. Bupati Anas menyebut jika pariwisata Banyuwangi dibangun melibatkan rakyat.

Baca: Reaksi Fredrich Yunadi usai Divonis, Sebut Majelis Hakim Nyontek Jaksa hingga Hari Kematian Advokat

"Modal tidak seluruhnya uang tapi modal sosial berupa dukungan dari rakyat yang membuat pariwisata Banyuwangi bergerak dan bisa eksis," ujar Abdullah Azwar Anas.

Anas juga mengatakan dalam puluhan atraksi Banyuwangi Festival yang tiap tahun digelar bukan hanya atraksi pariwisata tapi alat konsolidasi baik di lingkup birokrasi dan masyarakat. (haorrahman)

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help