Kampus di Surabaya

Teliti Kandungan Ceker Ayam, Tiga Mahasiswa Unair Harapkan Hal Ini

Kaki ayam atau biasa disebut ceker merupakan bagian tubuh dari ayam yang mengandung kolagen.

Teliti Kandungan Ceker Ayam, Tiga Mahasiswa Unair Harapkan Hal Ini
Istimewa
Fransisca Maria Sekar Damayanti, Amida Rahma Nurfuadi dan Arief Sofian Hidayat, mahasiswa Unair peneliti kaki ayam 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Triana Kusuma

TRUBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kaki ayam atau biasa disebut ceker merupakan bagian tubuh dari ayam yang mengandung kolagen.

Ketiga mahasiswa Universitas Airlangga meneliti kandungan kolagen dalam kaki ayam yang dapat digunakan sebagai obat luka bakar.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Fransisca Maria Sekar Damayanti, Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE) dan Amida Rahma Nurfuadi dan Arief Sofian Hidayat.

Mahasiswa Universitas Brawijaya Kenalkan Budidaya Maggot pada Santri Pondok Raudhatul Madinah Batu )

"Pengolahan kembali sumber daya kemanfaatan ini dapat menawarkan perbaikan ekonomi pada Negara serta merupakan salah satu solusi untuk pengelolaan limbah," ujar Fransisca Maria Sekar Damayanti, Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang melakukan inovasi ini, Minggu (1/7/2018).

Selain menggunakan kolagen hasil ekstraksi kaki ayam, dalam penelitian kandidat wound dressing ini juga menggunakan kitosan.

Penambahan ini dilakukan karena kitosan diketahui memiliki keunggulan untuk penyembuhan luka, seperti hemostasis, mempercepat regenerasi jaringan, dan menunjang sintesis kolagen fibroblas.

Kembangkan Obat Luka Bakar, Mahasiswa Unair Teliti Kaki Ayam )

Dengan dilakukannya penelitian ini, Fransisca dan teman-temanta berharap bahwa kaki ayam yang selama ini dianggap sebagai limbah pada industri pengolahan ayam dapat dimanfaatkan di bidang kesehatan, sehingga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan diharapkan juga tidak mecemari lingkungan.

Penulis: Triana Kusumaningrum
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help