Banjir Bandang Banyuwangi

Kemensos Gelar Dapur Umum dan Bantuan Senilai Rp 1,15 Miliar Untuk Korban Banjir Bandang Banyuwangi

Kemesos beri bantuan logistik dan alat kebersihan ke korban banjir di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi

Kemensos Gelar Dapur Umum dan Bantuan Senilai Rp 1,15 Miliar Untuk Korban Banjir Bandang Banyuwangi
SURYA/HAORRAHMAN
Puluhan petugas BPBD Banyuwangi sedang membersihkan lumpur akibat banjir 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kementerian Sosial memberikan bantuan logistik dan alat kebersihan kepada korban banjir di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Perintah Presiden dan Mensos seluruh kebutuhan korban harus dipenuhi. Salah satu kendala korban bencana adalah kebutuhan logistik dan alat kebersihan. Karena itu Kemensos memberikan bantuan lauk-pauk yang di antaranya merupakan bahan makanan siap santap," kata Harry Hikmat, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Senin (2/7/2018).

Kementerian Sosial menyerahkan bantuan logistik senilai lebih dari Rp 1,15 miliar yang terdiri dari bantuan logistik sebesar 488.988.775 dan bantuan untuk kebersihan sebesar 663.432.000 bagi korban banjir di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Bantuan tersebut terdiri dari 1000 paket peralatan kebersihan keluarga, kereta dorong 50 unit, pompa air dan slang spiral 20 unit, gergaji mesin 10 unit.

Baca: Tenggelam di Perairan Selayar, KM Lestari Maju Angkut 139 Penumpang dan 48 Kendaraan

Selain itu, Kementerian Sosial juga telah mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan warga desa Alas Malang yang terkena banjir.

"Layanan dapur umum akan terus buka hingga 6 juli mendatang. Hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kabutuhan makanan sehari-hari," tambah Harry.

Untuk memulihkan trauma yang dialami anak-anak akibat banjir, dikatakannya kemensos juga telah menerjunkan tim psikososial yang bertugas memberikan penguatan mental dan memulihkan trauma anak-anak.

"Mereka telah kita terjunkan sejak awal setelah terjadinya banjir. Kita juga langsung menerjunkan Taruna Siaga Bencana atau TAGANA guna membantu evakuasi warga," tegasnya.

Lebih lanjut Harry menjelaskan pemerintah juga akan membantu isi hunian tetap kepada warga yang terkena bencana banjir bandang sebesar 3 juta rupiah setiap rumah.

"Setelah dilakukan verifikasi pemerintah setempat maka kita akan bantu warga untuk isi hunian tetap sebesar 3 juta rupiah per rumah," lanjut Harry.

Baca: Kemensos Bantu Tangani Banjir Bandang Banyuwangi

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved