Jalan Magetan di Perbatasan Jawa Tengah Rusak parah, Tidak pernah Diperbaiki

Warga Kabupaten Magetan yang berada diperbatasan dengan Kecamatan Puh Pelem, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah,

Jalan Magetan di Perbatasan Jawa Tengah Rusak parah, Tidak pernah Diperbaiki
Surya/ Doni Prasetyo
Jalan Kabupaten Magetan yang berbatasan dengan Kecamatan Puh Pelem, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, sudah bertahun tahun rusak, seakan tanpa pernah ada perawatan. Tak terhitung warga yang jatuh terperosok lubang jalan. Pemandangan ini kontradiksi dengan jalan Kabupaten Wonogiri, yang mulus. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Warga Kabupaten Magetan yang berada diperbatasan dengan Kecamatan Puh Pelem, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, mengeluh kerusakan jalan di wilayahnya yang sudah bertahun-tahun tidak pernah dilakukan perbaikan.

"Jalan ini sudah lama rusak, ini yang nambal pemuda Karang Taruna Dusun Jurug, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Magetan. Pemuda Dusun Jurug kasihan kalau ada warga sampai mengalami kecelakaan akibat terperosok lubang jalan," kata Karni warga Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan kepada Surya, Rabu (4/7-2018).

Sebenarnya, lanjut Karni, warga di wilayah Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan sudah melaporkan kerusakan jalan ini ke desa dan kecamatan berkali- kali. Tapi hampir tidak ada tanggapan, bahkan jalan di wilayah ini seperti tidak pernah dilakukan perawatan.

Baca: 4 Tahun Menikah Diterpa Banyak Isu, Nagita Slavina Ungkap Pandangan Barunya Terkait Rumah Tangga

"Apa nunggu ada korban dulu baru diperbaiki. Lihat jalan di wilayah Jawa Tengah yang tidak jauh dari gapura perbatasan Magetan, Jawa Timur dan Jawa Tengah, sangat mulus dan lebar. Bedakan dengan jalan di wilayah kita, sangat memprihatinkan," ujar Karni penjual pakan ternak di pinggir jalan Desa Gonggang ini.

Hal yang sama juga dikatakan salah seorang pemuda Karang Taruna desa setempat yang enggan namanya disebut, jalan itu rusak karena adanya pasar kayu yang setiap hari hampir menutup jalan itu.

"Kalau warga pengendara motor yang celaka akibat terperosok lubang jalan itu saya dengar banyak. Solusinya, pasar kayu yang berada di tepi jalan Desa Gonggang itu dipindah, itu salah satu faktor mempercepat kerusakan jalan," kata pemuda berbadan atletis ini kepad Surya (tribunjatim.com).

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruang (DPU PR) Kabupaten Magetan Hergunadi, untuk memperbaiki jalan kabupaten di wilayah Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, masih harus konsultasi dengan pemerintah pusat. Kemungkinan, sekitar bulan Agustus 2018, pelaksanaan perbaikkan baru dimulai.

Baca: 13 Orang Terjaring di Tempat Hiburan Malam Kota Mojokerto, Satu Orang Dibawah Umur

"Pekan depan baru ke konsultasi dengan pemerintah pusat, kemudian kita survey seberapa kerusakannya, baru kita lakukan perbaikkan. Kalau material aspal, peralatan dan tenaga, sudah siap, tinggal persetujuan pemerintah pusat,"kata Hergunadi kepada Surya, Rabu (4/7-2018).

Namun, Hergunadi belum bisa menentukan perbaikkan jalan di wilayah Kecamatan Poncol yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Puh Pelem, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah itu peningkatan jalan atau hanya tambal sulam.

"Makanya kita lihat setelah kita koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan survey seberapa kerusakan jalannya, baru pelaksanaan perbaikan itu peningkatan jalan atau hanya tambal lubang yang dalam dan besar besar saja," pungkas Hergunadi. (tyo)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help