Perpanjang Momentum Kebangkitan Pariwisata Lombok, Pelindo III Bangun Terminal Gilimas

CEO Pelindo III, Ari Askhara mengatakan, dibangunnya Terminal Gilimas oleh Pelindo III sebenarnya memperpanjang momentum kebangkitan pariwisata Lombok

Perpanjang Momentum Kebangkitan Pariwisata Lombok, Pelindo III Bangun Terminal Gilimas
Istimewa
Pelindo III melakukan groundbreaking dermaga kapal pesiar dan peti kemas pada Terminal Gilimas di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pelindo III melakukan groundbreaking dermaga kapal pesiar dan peti kemas pada Terminal Gilimas di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (5/7/2018).

CEO Pelindo III, Ari Askhara mengatakan, dibangunnya Terminal Gilimas oleh Pelindo III sebenarnya memperpanjang momentum kebangkitan pariwisata Lombok.

Sebab, berdasarkan survei perilaku wisatawan mancanegara yang dilansir oleh Bank Indonesia, rata-rata total pengeluaran mereka mencapai 125,93 dolar AS atau sekitar Rp 1,76 juta (dengan kurs Rp 14.000 per dolar AS) per hari.

Baca: Semen Indonesia Maksimalkan Pasar Ekspor dengan Buka Market Baru di Sejumlah Negara

Kemudian, sebagai contoh dari catatan Pelindo III, kapal pesiar Italia, MV Costa Luminosa yang sandar di Pelabuhan Lembar pada Mei lalu, membawa 1.677 turis berkeliling ke sejumlah destinasi wisata di Lombok.

"Dari perkiraan kalkulasi rata-rata pengeluaran turis per hari tersebut, maka ada multiplier effect miliaran rupiah yang dinikmati masyarakat Lombok dari setiap cruise yang sandar," terang Ari.

Selain itu, sebelumnya Presiden Joko Widodo telah meresmikan beroperasinya KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika.

Baca: Kelebihan Pasokan, Perusahaan Semen Domestik Lakukan Penguatan Industri Turunan

"Melihat besarnya potensi ekonomi itu, kami berharap dukungan seluruh pihak, baik pemerintah daerah maupun investor berkolaborasi memanfaatkan momentum kebangkitan pariwisata Lombok dengan menciptakan destinasi wisata baru maupun mengembangkan konsep paket tur wisata agar pertumbuhan turis ke destinasi di Lombok dapat berkelanjutan," terang Ari.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Corporate Secretary Pelindo III, Faruq Hidayat menambahkan, terkait fungsi logistik dari Terminal Gilimas tersebut.

Pada tahap awal, dermaga akan terintegrasi dengan fasilitas lapangan penumpukan peti kemas seluas 6,27 hektar.

Baca: Tunjukkan Kemampuan, Lee Chae Yeon Produce 48 Dinilai seperti Penari Profesional daripada Idol

Sehingga pada pengembangan berikutnya, diperkirakan mampu menampung hingga sekitar 200 ribu TEUs peti kemas.

"Terminal Gilimas akan meningkatkan posisi strategis Pelabuhan Lembar sebagai gerbang logistik utama di Pulau Lombok," jelasnya.

Sehingga, kata Faruq, terminal tersebut dharapkan dapat meningkatkan efisiensi sehingga dapat berimbas pada turunnya harga barang konsumsi masyarakat.

"Serta juga memperlancar distribusi komoditas yang dijual dari sini baik Pulau Lombok dan sekitarnya," tambahnya.

Baca: Setelah Sidak Pelayanan Publik, Wali Kota Risma Sebut Peralatan Terbatas Jadi Kendala

Yuk subscribe YouTube Channel TribunJatim.com

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved