Warga Desa Pesing Kediri Demo Pelantikan Pj Kades

Warga Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri bersama pegiat LSM unjuk rasa.

Warga Desa Pesing Kediri Demo Pelantikan  Pj Kades
(Surya/Didik Mashudi)
Puluhan warga Desa Pesing unjuk rasa ke Kantor Kecamatan Purwoasri menolak pelantikan Pj Kades, Kamis (5/7/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Warga Desa Pesing, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri bersama pegiat LSM unjuk rasa.

Aksi demo ini dilakukan bersamaan dengan pelantikan Rangga selaku Pj Kades Pesing di Kantor Kecamatan Purwoasri, Kamis (5/7/2018).

Ada puluhan warga yang ikut unjuk rasa di halaman Kantor Kecamatan Purwoasri. Warga menolak Pj Kades Pesing dijabat dari orang luar, karena ada Sekdes dan Kasun Desa Pesing yang dinilai lebih berhak menjadi Pj kades.

Korlap aksi demo Mujiono, menyesalkan Camat Purwoasri yang tetap nekat melantik Pj Kades Pesing dari salah seorang staf kecamatan.

Baca: Akhirnya Persebaya Latihan Lagi di Lapangan Karanggayam Surabaya

Padahal ada Sekdes dan Kasun Desa Pesing yang dinilai warga lebih tepat menjadi pejabat sementara kades.

Saat unjuk rasa warga menggelar sejumlah poster. Beberapa di antaranya bertuliskan, "Cabut Kembali Penunjukan Pj Kades Pesing" , "Tolak Rangga Harga Mati", dan "Gagalkan Pelantikan Pj Kades Pesing".

Dalam orasinya Mujiono mengungkapkan, keputusan Camat Purwoasri merupakan keputusan sepihak yang telah mencederai rasa keadilan masyarakat Desa Pesing.

"Kami meluruskan permasalahan dan menempatkan persoalan pada posisi sebenarnya. Tuntutan kami menolak Pj kades tunjukan camat," tandasnya.

Tuntutan itu selaras dengan otonomi desa. Namun pihak camat dan Kantor BPMPD Kabupaten Kediri tetap ngotot melantik Rangga sebagai Pj Kades Pesing di Kantor Kecamatan Purwoasri.

Baca: Bocah Dibawah Umur Yang Menjadi Korban Bom di Bangil Pasuruan Mengalami Luka Serius

Malahan warga yang sempat unjuk rasa juga diminta pulang paksa oleh polisi karena izin penyampaian pendapat hanya berupa pemberitahuan.

Namun warga bertekat tetap menolak kehadiran Pj kades karena tidak dikehendaki masyarakat. Langkah itu akan dilakukan dengan menyegel ruangan kades. "Meski telah dilantik kami tetap menolak Pj Kades Pesing yang ditunjuk camat," tegas Mujiono.

Sementara Camat Purwoasri dan Kantor BPMPD belum bisa dikonfirmasi terkait penolakan Pj Kades Pesing oleh warga desa.(dim)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help