Gandeng Indonesia Soccer Academy, Dispora Bangkalan Gelar Sepak Bola Nasional Usia Anak

Dispora Bangkalan menggelar Festival Sepak Bola Usia Anak nasional di Stadion Gelora Bangkalan.

Gandeng Indonesia Soccer Academy, Dispora Bangkalan Gelar Sepak Bola Nasional Usia Anak
SURYA/AHMAD FAISOL
Panitia Fesstival Sepak Bola Usia Dini melakukan screening pemain melalui finger print di SGB bangkalan, Jumat (6/7/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bangkalan menggelar Festival Sepak Bola Usia Dini berskala nasional di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), pada Sabtu (6/7/2018) dan Minggu (7/7/2018).

Event ini digelar untuk melecut semangat pembinaan sepak bola.

Sebanyak 24 tim sepak bola terbagi menjadi tiga kelompok umur; U-10, U-12, dan U-14. Mereka berasal dari Mataram, Bali, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Jember, Gresik, Surabaya, dan Bangkalan.

Kepala Dispora Kabupaten Bangkalan Moh Saad Asjari mengungkapkan, festival sepak bola usia anak dan remaja ini sebagai upaya membangkitkan semangat pembinaan sepak bola usia dini.

"Banyak talenta sepak bola usia anak dan remaja di Bangkalan. Hanya perlu penyempurnaan saja dalam segi pembinaannya," ungkap Saad.

Menurutnya, keberadaan SGB akan lebih lengkap jika Bangkalan memiliki tim sepak bola berkualitas bermaterikan para pemain putra daerah.

"Kalau bukan sekarang, kapan lagi. Ada stadion berstandar nasional dan kita akan bangga jika kelak putra-putra Bangkalan bermain di situ," pungkasnya.

Dispora Bangkalan menggandeng Indonesia Soccer Academy (ISA). Festival tersebut dikemas dalam acara Aniversary Cup Ke-5 ISA.

Pendiri sekaligus penanggung jawab ISA Imam Syafii menjelaskan, setiap tim berjumlah delapan pemain. Pertandingan berlangsung selama 2x20 menit.

"Ada laga penutup yang disebut 'Perang Bintang'. Para pemain terbaik dari masing-masing kelompok umur disatukan dalam dua tim," jelas pria asal Desa Jaddih Kecamatan Socah itu.

ISA merupakan sekolah sepak bola di Sidoarjo yang telah menelurkan banyak pemain Timnas U-15. Di antaranya mam Fauzi, Januarius Wameka (dikontrak Barito Putra Liga 1), dan Brilian Aldama Timnas U-15.

Ada pula dua punggawa Timnas U-15 Pelajar produk Mataram Soccer Academy (MSA), I Putu Krisna Saputra dan Marcel Januar Putra. Keduanya kini dikontrak Bali United.

Selain MSA, ISA juga mendirikan Lamongan Soccer Academy. Termasuk Bangkalan Soccer Academy yang dalam waktu dekat akan diresmikan. (Surya/Ahmad Faisol)

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved