Kementan bersama PT Aman Buana Putera Lepas 6.000 Ton Bawang Merah ke Singapura hingga Malaysia

Kementerian Pertanian bersama PT Aman Buana Putera melepas 6.000 ton bawang merah secara bertahap ke Singapura, Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Kementan bersama PT Aman Buana Putera Lepas 6.000 Ton Bawang Merah ke Singapura hingga Malaysia
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Bawang merah berdiameter 2,7-3,5 cm yang diekspor ke Singapura, Thailand, Vietnam, dan Malaysia. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama PT Aman Buana Putera, selaku eksportir bawang merah melepas 6.000 ton bawang merah secara bertahap ke Singapura, Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Untuk tahap pertama atau secara simbolis ini, bawang merah berdiameter 2,7 sampai 3,5 cm tersebut akan diekspor ke Singapura dan dikemas dalam satu truk kontainer.

Direktur PT Aman Buana Putera, Aman Buana Putera mengatakan, tahun ini pihaknya kembali melakukan ekspor bawang merah yang sebelumnya juga dilakukan di Vietnam dan Thailand pada tahun 2017.

Baca: Industri Agro dan UMKM Jadi Andalan Jatim untuk Tekan Lonjakan Harga Komoditas Akibat Naiknya BBM

"Tahun ini, kami kembali melakukan ekspor perdana bawang merah dari Indonesia ke Singapura. Lalu disusul ke Thailand, Vietnam, dan Malaysia," ujarnya saat pelepasan bawang merah di Jalan Kalianak 55 Surabaya, Senin (9/7/2018).

Dalam penyediaan suplai bawang merah, kata Aman, perusahaan bekerja sama dengan para petani Malang, Bima, dan Probolinggo.

Dia mengatakan, kerja sama petani dengan perusahaan tersebut sebagai bentuk pola sinergis untuk pemenuhan pasokan bawang merah yang akan diekspor.

Baca: Gaun Rancangan Novita, Anggota Pejuang Muda Surabaya akan Dikenakan di Ajang Liga Dangdut Indonesia

"Tahap pertama ekspor ke Singapura ini, bawang merah disuplai dari petani Bima. Sementara suplai dari petani Jawa Timur, akan menyusul ekspor ke negara selanjutnya. Karena untuk saat ini suplai bawang merah dari Jawa Timur masih dalam proses masa panen," terangnya.

Truk kontainer yang mengangkut 15 ton bawang merah untuk dikirim ke Singapura dalam tahap pertama ekspor yang dilakukan oleh Kementan bersama PT Aman Buana Putera.
Truk kontainer yang mengangkut 15 ton bawang merah untuk dikirim ke Singapura dalam tahap pertama ekspor yang dilakukan oleh Kementan bersama PT Aman Buana Putera. (TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI)

Di samping itu, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi menyebut, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017, ekspor komoditas hortikultura termasuk bawang merah meningkat tajam.

Tercatat, tahun 2017 Indonesia telah mengekspor sebanyak 7.750 ton bawang merah ke sejumlah negara atau meningkat 93,5 persen dibandingkan tahun 2016 yang hanya sebanyak 736 ton.

Baca: Peningkatan Produksi Gas Industri Masih Belum Diimbangi Pertumbuhan Konsumsi

Halaman
12
Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved