Harga Telur dan Cabe Kembali Melonjak di Pasar Kota Kediri

- TPID Kota Kediri melakukan sidak ke Pasar Setono Betek dan Pasar Pahing, Kota Kediri. Sidak ini untuk merespons

Harga Telur dan Cabe Kembali Melonjak di Pasar Kota Kediri
SURYA/HANIF MANSHURI
Pedagang di Pasar 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - TPID Kota Kediri melakukan sidak ke Pasar Setono Betek dan Pasar Pahing, Kota Kediri. Sidak ini untuk merespons informasi dari masyarakat menyusul kenaikan harga cabe dan telur di pasaran, Selasa (10/7/2018).

Dari Pasar Setono Betek dan Pasar Pahing diperoleh fakta harga telur yang telah menembus Rp 26.000/kg. Padahal minggu lalu hanya berkisar Rp 21.000- Rp 22.000/kg.

"Kata pemasok banyak ayam-ayam yang sakit, produksinya menurun. Sehingga harga telur naik," ujar Yanis, salah seorang penjual telur.

Selain faktor kesehatan hewan ternak, ternyata banyak pemasok yang mengirimkan pasokan telur ke luar Jawa.

"Harga di luar Jawa berani naik, di sini juga terima dari pemasok harganya sudah naik. Jadinya kita naikkan juga," ungkap Bu Tris, penjual telur lainnya.

Baca: Pria Sidoarjo Tega Jual Istri untuk Layanan Spesial karena Faktor Ini. . .

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri Ir Semeru Singgih terkait fenomena tersebut dijelaskan, jika dahulu dalam pakan ternak yang biasa dijual sudah mengandung antibiotik.

Namun saat ini pakan ternak sudah tidak ada kandungan antibiotiknya lagi. "Dari kementerian sudah dihentikan, karena bisa berakibat jangka panjang pada konsumen," ujarnya.

Sementara untuk harga cabe rawit dari pantauan TPID Kota Kediri di Pasar Setono Betek berkisar Rp 55.000/kg.

Harga ini naik jika dibandingkan minggu lalu yang hanya berkisar Rp 40.000/kg. Kemudian untuk cabe keriting harganya naik Rp 30.000 dari sebelumnya Rp 28.000/kg dan cabe besar Rp 30.000 dari semula Rp. 20.000/kg.

Baca: Jadi Korban Investasi Bodong, Wanita Ini Sudah Terlanjur Ajak Saudara-saudaranya Berinvestasi

"Kemungkinan harganya sebentar lagi akan turun karena pasokannya sudah stabil kembali," ungkap Fahmi, penjual cabe.

Namun yang terjadi di Pasar Pahing, harga cabe justru mengalami penurunan karena pasokan yang sudah lancar kembali. Harga cabe rawit turun dari Rp 60.000 menjadi Rp 50.000/kg. Kemudian cabe besar turun dari Rp. 35.000 menjadi Rp. 30.000/kg.(dim)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help