Blitar Skate Mafia, Komunitas yang Move On Dari Jalanan ke Tempat Spesial

Komunitas skateboard Blitar Skate Mafia ini bisa move on ke tempat spesial dari sebelumnya, jalanan.

Blitar Skate Mafia, Komunitas yang Move On Dari Jalanan ke Tempat Spesial
TRIBUNJATIM.COM/IST
Anggota komunitas Blitar Skate Mafia saat berkumpul di skate park Sport Center, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Dulu mereka bermain di jalanan, memanfaatkan trotoar sebagai tempat meluncur. Terkadang mereka harus waswas kalau ada kendaraan melintas di jalan raya agar tidak tertabrak saat bermain skateboard.

Sekarang, para penghobi skateboard yang tergabung dalam Blitar Skate Mafia ini bisa bermain dengan leluasa di skate park kawasan Sport Center, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Skate park itu baru selesai dibangun Pemkot Blitar awal tahun ini.

"Dulu, kami bermain di jalanan, kadang di trotoar Alun-alun, kadang di depan Taman Makam Pahlawan. Sekarang sudah ada tempat khusus untuk bermain skateboard, jadi lebih bebas berekspresi," kata salah satu anggota Blitar Skate Mafia, Raihan Ferdiansyah (15), Selasa (10/7/2018) lalu.

Kini, hampir tiap sore, Raihan dan teman-temannya penghobi skateboard berkumpul di skate park Sport Center. Mereka berlatih sambil sharing seputar perkembangan olah raga ekstrim itu.

"Sekarang, di sini (skate park) menjadi jujukan bagi para penghobi skateboard di Blitar. Tiap hari selalu ada anak-anak yang berkumpul di sini," ujarnya.

Anggota Blitar Skate Mafia lainnya, Zein Radya mengatakan Blitar Skate Mafia sebenarnya sudah lama berdiri. Komunitas penghobi skateboard di Blitar itu terbentuk pada 2003. Jumlah anggota komunitas itu lebih dari 100 orang. Mereka berasal dari Kota Blitar dan Kabupaten Blitar.

Anggota komunitas terus berkembang. Sebagian anggota lama sudah banyak yang vakum karena pindah kota dan sebagian kerja. Tetapi, sejumlah anggota baru juga banyak yang gabung di komunitas.

Menurutnya, dulu para anggota komunitas bingung mencari tempat untuk bermain skateboard di Blitar. Tidak ada tempat khusus untuk bermain skateboard. Bertahun-tahun, mereka bermain skateboar di jalanan.

Mereka memanfaatkan trotoar dan aspal sebagai tempat meluncur.

"Saya gabung komunitas ini sejak 2010. Dulu, teman-teman bermain skateboard di jalanan. Kadang juga khawatir tertabrak kendaraan saat bermain skateboard," ujar Zein.

Sekarang, kata Zein, para pecinta skateboard di Blitar tidak bingung lagi mencari tempat untuk bermain. Sekarang sudah ada beberapa tempat khusus untuk bermain skateboard.

Selain di skate park Sport Center, para penghobi skateboard juga bisa bermain di taman Alun-alun Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Taman di sebelah barat Alun-alun Kanigoro juga menyediakan tempat untuk bermain skateboard. Arena bermain skateboard di lokasi cukup luas. Para penghobi skateboard bisa leluasa bermain skateboard di lokasi.

"Dulu bingung cari tempat bermain skateboard, tapi sekarang sudah tidak lagi. Teman-teman tinggal pilih mau bermain di Alun-alun Kanigoro atau di skate park Sport Center. Sekarang, paling sering teman-teman berkumpul di skate park Sport Center," tegasnya. (Surya/Sha)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved