Pilgub Jatim 2018

Pasca Pilkada, Gus Ipul Belum Pikirkan Untuk Nyaleg

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf belum berencana untuk mendaftarkan diri sebagai calon legislatif

Pasca Pilkada, Gus Ipul Belum Pikirkan Untuk Nyaleg
SURYA/BOBBY KOLOWAY
Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) belum berencana untuk mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg) pasca kekalahan di pilkada.

"Sampai saat ini, belum berpikir ke sana (pencalegan)," kata Gus Ipul ketika bertemu awak jurnalis di Surabaya, Kamis (12/7/2018).

Meskipun demikian, Gus Ipul tak memungkiri ada beberapa partai yang telah menawari pihaknya untuk menjadi bacaleg. Namun, pihaknya tak mau secara spesifik menyebut partai yang dimaksud.

"Ada lebih dari satu partai," kata Gus Ipul yang pada pilkada lalu berpasangan dengan Cawagub Puti Guntur Soekarno ini.

Baca: Meski Kalah di Pilgub, DPC PDIP Surabaya Optimistis Akan Kembali Menang di Pileg

Untuk diketahui, pasangan Gus Ipul - Puti diusung oleh koalisi empat partai. Yakni, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Inddonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Menurutnya, selain baru saja mengawal proses penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Gus Ipul menyebut masih ingin merampungkan jabatannya sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur.

"Saya kan masih sebagai Wagub hingga Februari (2019)," kata Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode ini.

Untuk bisa menjadi bacaleg, Gus Ipul masih memiliki lima hari (hingga 17/7/2018) mendatang. Sebab, Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada 4-17 Juli 2018.

Satu di antara kewajiban Gus Ipul yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar sebagai caleg, ia harus mundur dari jabatanya sebagai Wakil Gubernur.

Apabila ia benar mencalonkan sebagai bacaleg, maka akan sekaligus mengulangi periodisasi di Pemilu 1999.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help