Inilah Alasan Pemkot Surabaya Belum Fungsikan Overpass Bundaran Satelit Meski Sudah Rampung

Pemerintah Kota Surabaya belum memfungsikan overpass bundaran satelit Mayjen Sungkono meski telah selesai.

Inilah Alasan Pemkot Surabaya Belum Fungsikan Overpass Bundaran Satelit Meski Sudah Rampung
(Surya/Fatimatuz Zahroh)
Kondisi jalan overpass di bundaran satelit sudah selesai digarap oleh DPD REI Jawa Timur tapi belum dioperasikan, Sabtu (20/1/2018). (Zaimul Haq/Surya) 

Laporan Wartawan Tribunjatim.com, Nurul Aini

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya belum memfungsikan overpass bundaran satelit Mayjen Sungkono meski telah selesai.

Alasannya adalah karena menunggu underpass selesai.

Seperti diketahui proyek overpass dan underpass satelit dibangun beriringan untuk memecah kemacetan di kawasan tersebut.

Hendro Gunawan, Sekertaris Kota Surabaya (Sekkota) menjelaskan belum difungsikannya overpass sebab underpass belum tuntas.

Pemkot khawatir jika difungsikan justru dapat menyebabkan kemacetan.

"Overpass tidak difungsikan kalau itu belum tuntas (underpass). Kami takutnya malah menyebabkan kemacetan. Jadi fungsi ini kan untuk menghindari himpitan. Kalau ini dibuka malah akan berhimpit," kata Hendro, Sabtu (14/7/2018).

Saat ini proyek underpass terhambat pendanaan yang diberikan dari iuran pihak pengembang di kawasan Surabaya barat melalui Real Estate Indonesia (REI) Jawa timur.

Baca: Pemkot Surabaya Pastikan Proyek Overpass dan Underpass Satelit Tetap Dikerjakan Pihak Pengembang

Diberitakan sebelumnya, pihak REI mempertanyakan overpass yang sudah selesai namun tidak difungsikan.

"Overpass sudah selesai, itu bisa difungsikan, tapi tidak difungsikan," kata Danny Wahid, Ketua REI Jatim, Rabu (11/7/2018)

Berbeda dengan Pemkot, menurut Danny, overpass yang difungsikan dinilai dapat mengurangi kemacetan sembari menunggu penyelesaian underpass.

Padahal Overpass buru-buru dikerjakan karena Pemkot sempat meminta akan meresmikannya bebarengan dengan Hari Jadi Kota Surabaya pada Mei lalu.

"Diminta selesaikan overpass pas ulang tahun surabaya tapi sudah selesai tidak difungsingkan. Saya bingung sudah beberapa bulan tidak difungsikan," kata Danny.

Baca: REI Jatim Pertanyakan Overpass Bundaran Satelit yang Sudah Rampung Tapi Tak Digunakan

Penulis: Nurul Aini
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help