Tiga Hari Jelang Penutupan Bacaleg Surabaya, Belum Ada Parpol Mendaftar

KPUD Kota Surabaya menyayangkan lantaran hingga tiga hari jelang penutupan pendaftaran bakal calon legislatif yang maju Pileg 2019

Tiga Hari Jelang Penutupan Bacaleg Surabaya,  Belum Ada Parpol Mendaftar
TRIBUNJATIM.COM/NURUL AINI
Penandatanganan berita acara usai rekapitulasi KPUD Surabaya, pada Jumat (6/7/2018) 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - KPUD Kota Surabaya menyayangkan lantaran hingga tiga hari jelang penutupan pendaftaran bakal calon legislatif yang maju Pileg 2019 masih saja sepi.

Hingga hari ini, Sabtu (14/7/2018), belum ada satu bacaleg pun dari 16 partai politik yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran.

"Sampai siang ini dari total 16 partai yang sudah lolos verifikasi dari KPU Pusat belum ada satupun yang menyerahkan pendaftaran bacaleg untuk jadi legislator di DPRD Kota Surabaya," kata Ketua KPUD Surabaya, Nur Syamsi.

Padahal pendaftaran bacaleg akan ditutup pada tanggal 17 Julo 2018 pada pukul 23.59 WIB. Pendaftaran bacaleg ini sudah divuka sejak tanggal 4 juli 2018 laku.

Baca: Bawa Lebih Dari 9000 KTP Syarat Dukungan, La Nyalla Kian Optimistis Lolos DPD

Lebih lanjut KPU Surabaya sudah melakukansejumlah langkah pendekatan kepada sejumlah ketua DPC partai politik. Pihaknya menghubungi langsung mereka untuk menanyakan alasan mengapa belum ada berkas pendaftaran yang diserahkan.

"Saya sudah menghubungi beberapa ketua partai di Surabaya. Saya tanyakan apa kendalanya. Dan saya juga mengimbau mereka juga tidak mendaftar di last minute," ucap Nur Syamsi.

Baca: Viral Video Wanita Diduga Pengemis Ambil Uang Jutaan di Bank, Pihak Keluarga Ungkap Fakta Sebenarnya

Sebab jika semua mendaftar di last minutes, maka dikhawatirkan jika ada berkas yang butuh perbaikan tidak sempat diperbaiki. Sehingga mendaftar tidak di last minutes adalah yang terbaik.

"Beberapa partai Demokrat, PKS dan PAN tiga hari juga sempat ke sini untuk melakukn konsultasi. Dan itu akan kami layani sebaik-baiknya. Jadi jika ada yang bingung kami akan bantu," imbuhnya.

Masing-masing parpol bisa mendaftarkan maksimal sejumlah kuota di masing-masing dapil. Rata-rata maksimal 50 orang bacaleg yang didaftarkan setiap partai.

Jika semua mendaftarkan di waktu yang sama di hari terakhir, dikhawatirkan akan ada gangguan dan jika ada berkas yang kurang lengkap atau belum memenuhi syarat tidak nutut diperbaiki.

"Dari mekanisme pendaftarannya, untuk entry data sipol harus dari partai. Setelah entry data maka form itu diprint dan ditandatangani dan diupload lagi, nah kalau untuk upload lagi itu bisa kita bantu," ucapnya.

Oleh sebab itu ia mengimbau bagi parpol yang sudah siap semua berkasnya bisa segera mendaftar ke KPU Surabaya.(Surya/fatimatuz zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved