Pilpres 2019

Membahas 'Dua Kubu' dalam Aksi Deklarasi #2019GantiPresiden Menurut Pengamat Politik

Pengamat Politik UB, Wawan Sobari menilai setiap ada aksi serupa deklarasi #2019GantiPresiden, potensi konflik antar ormas/kubu akan semakin tinggi.

Membahas 'Dua Kubu' dalam Aksi Deklarasi #2019GantiPresiden Menurut Pengamat Politik
TRIBUNJATIM.COM/NDARU WIJAYANTO
Perampasan topi peserta deklarasi #2019GantiPresiden di depan DPRD Jatim dan Masjid Kemayoran, Jalan Indrapura, Surabaya, Minggu (26/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pengamat Politik Universitas Brawijaya (UB), Wawan Sobari menilai setiap ada aksi serupa deklarasi #2019GantiPresiden, potensi konflik antar ormas atau kubu akan semakin tinggi.

Wawan mengatakan, di satu sisi, ada satu ormas yang mengatakan bahwa aksi tersebut adalah bentuk menyuarakan aspirasi sebagai bentuk demokrasi.

Namun di sisi lain, ada ormas yang menentang aksi tersebut karena dianggap mengganggu kondusivitas tempat diselenggarakannya aksi.

"Kalau kondusivitas itu kan sebenarnya yang muncul permukaan, tapi muatan politiknya pasti ada," kata Wawan, Rabu (29/8/2018).

Nama Nella Kharisma Disebut, Rhoma Irama Keceplosan Bilang Itu Siapa, Najwa Shihab: Sakit Hati Nih

Wawan pun mengajak untuk melihat siapa-siapa saja yang menentang aksi tersebut.

"Kan bisa diidentifikasi siapa, backgroundnya apa, ternyata dari ormas ini, yang cenderung afiliasinya ke partai mana atau ke ormas mana, dan itu mendukung ganti presiden atau tidak," lanjut Wawan.

Menurut Wawan, termasuk penggerak aksi sendiri juga bisa dilihat ke mana arah politik, tujuan dan background peserta ormasnya.

"Pentolan atau tokoh siapa yang hadir, backgroundnya dia dari partai apa, pasti ada tujuan politisnya," tutur Wawan.

"Tapi kalau untuk alasan kondusivitas, sebenarnya itu memang alasan yang tidak bisa dilepaskan dari konflik kepentingan dan pertentangan, dan sangat masuk akal," tutupnya.

Deklarasi #2019GantiPresiden Berpotensi Konflik, Pengamat Politik: ini Simpul Dukungan Pilpres 2014

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved