Dukung Sektor Produktif, BCA Salurkan KUR Rp 20 Miliar ke Perusahaan di Probolinggo

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan plafon kerjasama sebesar Rp 20 Miliar ke PT Santosa Agrindo (PT Santori) P

Dukung Sektor Produktif, BCA Salurkan KUR Rp 20 Miliar ke Perusahaan di Probolinggo
(Surya/Galih Lintartika)

TRIBUNJATIM.COM,PROBOLINGGO - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan plafon kerjasama sebesar Rp 20 Miliar ke PT Santosa Agrindo (PT Santori) Probolinggo.

Penyerahan ini langsung diserahkan secara simbolis oleh pihak BCA ke PT Santori, Jumat (14/9/2018) siang.

Rp 20 miliar itu dibagi sesuai porsi masing-masing, untuk KUR Mikro Rp 5 Miliar dan KUR Kecil Rp15 miliar. Rencananya, penyaluran itu akan menggunakan sistem pola channeling melalui kerjasama dengan BPR Karya Perdana Sejahtera.

Sekadar diketahui, plafon dari kerjasama ini merupakan jumlah terbesar yang pernah diberikan BCA untuk penyaluran KUR di sektor peternakan sapi.

"Ini komitmen kami untuk mendukung program pemerintah dalam penyaluran kredit Kredit Usaha Rakyat (KUR) khususnya di sektor produktif," kata Vice President SME & Commercial Business BCA Ade Bachtiar, kepada Surya.

Jalani Hubungan Jarak Jauh dengan El Rumi, Marsha Aruan Ungkap Hal yang Paling Dirindukan

Ia menjelaskan, ada aturan baru, jika penyedia dana KUR harus mengimplementasikan 50 persen ke sektor produktif.

Tujuannya agar pembiayaan ini tidak konsen ke hilir semata, tapi hulu juga diperkuat. Semisal hilir kuat, tapi hulu lemah, maka bisa berpotensi terjadinya inflasi.

"Makanya kami mulai memperkuat dan menyalurkan dana KUR kami ke sektor produktif. Salah satunya ya sektor peternakan, pertanian dan lainnya. Kami tidak hanya fokus ke UMKM tapi ke perusahaan di atasnya juga, termasuk hari ini saya salurkan me peternak sapi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bermitra dengan PT Santosa Agrindo (PT Santori)," papar dia.

Polres Lamongan Bakal Merazia Anak Punk

Adapun per Semester I 2018, BCA telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) Rp67,16 Miliar. Penyaluran KUR tersebut sudah mencapai 61,1% dari target tahunan Rp110 Miliar, yang sekitar 42% diberikan ke sektor produktif dari total KUR.

“Program kemitraan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan populasi sapi potong di Jawa Timur dan dapat membantu masyarakat dalam hal permodalan untuk pengembangan dan budi daya ternak sapi,” tambahnya.

Direktur Utama PT Santori, Safuan Kasno Soewondo mengatakan, fasilitas kredit ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peternak sapi UMKM berupa kemudahan akses dana untuk pengembangan usaha ternak sapi yang penting bagi keberlangsungan dan pengembangan usaha yang dirintisnya.

Buat Video Ucapan Permohonan Maaf pada Syahrini, Ashanty Lakukan Ini Pada Anang Hermansyah

Ia menjelaskan, PT Santosa Agrindo sebagai salah satu anak perusahaan JAPFA yang bergerak di bidang usaha penggemukan dan pembiakan sapi. Kata dia, di sini merupakan perusahaan sapi potong terintegrasi terbesar di Indonesia.

"Kami berinisiatif menyalurkan KUR dengan plafon ke peternak maksimal Rp200 juta dengan pembayaran sistem Yarnen sebagai kemudahan akses dana untuk pengembangan usaha ternak sapi," terang dia. (lih)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved