Kampus di Surabaya

Inovasi Mahasiswa Ubaya - Kenali Cita Rasa Kopi Lewat Permainan Kartu 'Roast', Begini Cara Mainnya

Kevin Christianto, mahasiswa Ubaya, membuat media pengetahuan cita rasa kopi di Indonesia lewat permainan kartu. Begini cara mainnya!

Inovasi Mahasiswa Ubaya - Kenali Cita Rasa Kopi Lewat Permainan Kartu 'Roast', Begini Cara Mainnya
SURYA/HABIBUR ROHMAN
Sejumlah mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) memainkan game kartu 'Roast' untuk mengetahui cita rasa kopi di Indonesia, Jumat (14/9/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mahasiswa Multimedia, Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya (Ubaya) membuat media pengetahuan cita rasa kopi di Indonesia lewat permainan katu.

Permainan tersebut diberi nama Roast.

Kevin Christianto, mahasiswa pembuat permainan Roast mengatakan, inovasi ini sebenarnya dibuat agar ada sugesti positif tentang pengetahuan kopi di Indonesia.

“Selama ini pengetahuan orang tentang kopi dari taste kopi memang kurang. Pernah saya menawarkan teman dengan coba kopi dari Jawa Barat, tapi responsnya negatif karena rasanya asam. Padahal, kopi punya cita rasa berbeda-beda,” jelasnya, Jumat (14/9/2018).

VIDEO: Bupati Mojokerto Nonaktif, Mustafa Kamal Pasa Jalani Sidang Perdana di PN Tipikor Surabaya

Kevin melanjutkan, karena tak semua orang tertarik mencicipi kopi secara langsung, maka tak jarang ada antipati pada minuman ini.

Untuk itu, Kevin mencari ide kreatif agar orang tertarik pada kopi dan punya wawasan positif terkait hal ini.

Kevin pun lalu memunculkan board game yang dinamainya Roast untuk tugas akhirnya.

“Nama roast dipilih karena ini adalah proses penting saat pembuatan kopi, yakni menyangrai untuk mengeluarkan air dalam kopi, mengeringkan dan mengembangkan biji. Proses ini menentukan aroma yang dihasilkan kopi itu,” papar mahasiswa angkatan 2014 tersebut.

Cerita Penjual Rawon Dolly di Festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan, Sudah Berdagang 15 Tahun

Pada permainan kartu ini, tersedia papan flavour demand, flavour bar, kartu biji kopi hijau, kartu aksi dan kartu wilayah.

Total ada 120 kartu yang dimainkan.

Halaman
12
Penulis: Sudarma Adi
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved