RSAL dr Ramelan Surabaya Kini Punya Ruang ICU dengan 52 Bed

Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) atau RSAL dr Ramelan Surabaya kini memiliki fasilitas yang cukup mewah.

RSAL dr Ramelan Surabaya Kini Punya Ruang ICU dengan 52 Bed
Youtube.com
RSAL Dr Ramelan Surabaya 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) atau RSAL dr Ramelan Surabaya kini memiliki fasilitas yang cukup mewah.

Rumah sakit yang selevel dengan RSU Dr Soetomo Surabaya sebagai RS dengan PPK III ini memiliki Ruang ICU dengan kapasitas jumbo.

Rumah sakit yang berlokasi di Jalan Frontage A Yani sisi Timur itu kini memiliki Ruang ICU dengan kapasitas tempat tidur rawat dan seperangkat ventilator 52 bed.

"Tak ada lagi kami menolak pasien operasi di rumah sakit ini," kata Nalendra kepada media l, Jumat (14/9/2018).

ICU adalah ruang khusus untuk menangani pasien dalam kondisi kritis atau pasien pascaoperasi.

Risma Jadi Presiden Baru UCLG-ASPAC, Ajak Asia Pasifik Bangun Daerah di Tengah Dampak Global Warming

Dengan jumlah dokter khusus ICU sebanyak 5 orang dan 3 dokter khusus pengelola bidang ICU serta 63 perawat dan 11 tenaga nonmedis bisa memberi pelayanan maksimal di ICU.

"Kami setiap hari melayani tindakan operasi 30 pasien. Dengan kamar operasi 12. Untuk penanganan maksimal diperlukan ICU. Apalagi selama ini kami menolak 5 pasien setiap hari. Makanya kami bangun fasilitas baru Ruang ICU," tandas Nalendra.

Sebenarnya untuk Ruang ICU baru itu sudah beroperasi 10 September 2018 dengan kapasitas bed 23. Ini melengkapi ICU lama berkapasitas 29 sehingga total kapasitas ICU RSAL 52 bed.

Saat ini, RSAL merupakan RS dengan layanan fasilitas kesehatan tingkat III. Masyarakat umum banyak mendapat layanan kesehatan di rumah sakit ini. Di Jatim yang selevel dengan RSAL adalah RSU Dr Soetomo dan RSU Syaiful Anwar Malang.

Gedung ICU baru yang berdiri di atas lahan 696 meter persegi itu kini makin nyaman. Gedung ini dibangun dengan anggaran Rp 29 miliar.

Murni investasi dari pendapatan RSAL. Saat surya melihat fasilitasnya, semua serba baru dan nyaman.

Wanita asal Semarang Bersedia Dijual Teman Kos karena Butuh Uang, Ngaku Urus Anak Seorang Diri

"ICU ini sama dengan fasilitas layanan lain termasuk operasi bedah jantung pun kalau memakai layanan BPJS bebas biaya. Semua nol rupiah karena ditanggung BPJS," tandas Nalendra.

Selain memikki gedung ICU baru, RSAL juga memiliki gedung Paru. Gedung khusus menangani pasien paru itu berkapasitas bes sebanyak 45 bed. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya yang hanya berkapasitas 24 bed. Meski bahyak bed, namun selalu penuh. (Faiq)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved