Layanan Publik di Jatim Terbaik, Pakde Karwo Raih Penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award 2018

Pakde Karwo meraih Penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award 2018, karena Layanan Publik di Jatim terbaik tingkat Nasional.

Layanan Publik di Jatim Terbaik, Pakde Karwo Raih Penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award 2018
TRIBUNJATIM.COM/IST
Gubernur Jatim, Soekarwo menerima penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2018 dari Mendagri, Jumat (14/9/2018) malam di Jakarta. 

TRIBUNJATIM.COM, JAKARTA - Gubernur Jatim, Soekarwo menerima penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2018. Penghargaan ini diraih Pakde Karwo, karena Provinsi Jatim dinobatkan sebagai provinsi terbaik di bidang pelayanan publik dengan peringkat platinum.

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo didampingi Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk, Toriq Hadad dan CEO Frontier Consulting Group, Handi Irawan, saat malam penganugerahan IAA 2018 di Hotel JW Marriot Jakarta, Jumat malam (14/9/2018).

UMKM, Raksasa Ekonomi Jatim yang Tak Rontok Diterjang Krisis dan Naiknya Dolar Amerika

Pakde Karwo mengatakan, jika suatu pemerintahan ingin meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, syaratnya dengan memberikan pelayanan publik yang baik. Proses ini diukur dari tiga hal, yakni biayanya murah, waktu pelayanannya cepat, dan syaratnya sederhana. 

"Selain syarat tadi, yang juga tidak kalah penting adalah semua harus transparan dan terukur," katanya, menjawab pertanyaan wartawan, sebagaimana siaran tertulis ke Tribunjatim.com.

Pemprov Jatim, katak Pakde Karwo, terus mendorong peningkatan pelayanan publik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan reformasi birokrasi.

Jatim Penentu Kemenangan Pemilu 2019, Pakde Karwo: Kerajaan Majapahit Bisa Besar Karena Ada di Jatim

Secara empirik reformasi birokrasi ini bisa dilakukan dengan syarat regulasi yang ada harus melayani masyarakat atau melakukan re-regulasi, yakni merubah regulasi yang menghambat menjadi regulasi yang melayani. Syarat lainnya, kepemimpinan atau leadership, serta didukung dengan sistem teknologi informasi atau IT.

"Kami juga melibatkan media sebagai tim pengawasan. Ini pilar keempat dalam demokrasi diletakkan disini," jelasnya.

Selain media, lanjut Pakde Karwo, masyarakat juga harus dilibatkan dalam pengawasan dan perumusan kebijakan, atau yang biasa disebut dengan partisipatoris.

"Semua proses ini sudah dilakukan secara terukur, jadi bila ada kasus pungli seperti kemarin itu bukan masalah sistem, tapi soal integritas," katanya.

Number One Semua, Pemprov Jawa Timur Raih Dana Rakca Award Gold dari Presiden

Kemudahan pelayanan publik di Jatim telah membawa provinsi ini meraih berbagai penghargaan. Salah satunya dari Asia Competitiveness Institute (ACI) pada tahun 2017 yang menobatkan Jatim sebagai provinsi dengan tingkat kemudahan berbisnis nomor satu di Indonesia.

Halaman
123
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved