Gelar Lomba Kali Ketiga, PKS Jatim Berharap Kitab Kuning Bisa Dipelajari Berbagai Kalangan

Pelaksanaan lomba baca kitab kuning ini adalah yang ketiga kalinya dilakukan oleh PKS mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah.

Gelar Lomba Kali Ketiga, PKS Jatim Berharap Kitab Kuning Bisa Dipelajari Berbagai Kalangan
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Suasana Semifinal Lomba Baca Kitab Kuning di Kantor DPW PKS Jatim, Minggu (16/9/2018) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur menyelenggarakan lomba Membaca Kitab Kuning tingkat provinsi.

Setelah di seleksi di tingkat kabupaten, Minggu (16/9/2018) para peserta yang lolos berkumpul di Kantor DPW PKS Jatim, Jalan Gayungsari Barat, untuk berlomba di babak semifinal.

"Kami ambil tiga terbaik di kabupaten kota lalu dilombakan di tingkat provinsi," kata Irwan Setiawan, Sekretaris DPW PKS Jatim.

Menjamu Madura United di Stadion Kanjuruhan, Rivaldi Bawuo: Arema FC Harus Menang

Irwan menambahkan, bahwa seleksi di tingkat daerah dilakukan di 8 kabupaten/kota antara lain Sumenep, Pamekasan, Surabaya, Bojonegoro, Malang Kota, Bangkalan, Sidoarjo, dan Kota Madiun.

Sehingga total peserta yang masuk babak semifinal adalah sejumlah 24 peserta.

"Tahun ini jumlah total peserta yang ikut di Jawa Timur sekitar 150 peserta. Terus meningkat setiap tahunnya" lanjut Irwan.

Viral di Media Sosial, Pria asal Tulungagung Ini Punya Nama Unik dan Singkat AA

Pelaksanaan lomba baca kitab kuning ini adalah yang ketiga kalinya dilakukan oleh PKS mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah untuk memperingati hari santri nasional.

"Pemenang di tingkat provinsi ini akan dilombakan di tingkat nasional tanggal 10 Oktober dan hadiahnya umroh," kata Irwan yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim ini.

Dari pelaksanaan ini, Irwan berharap kitab kuning bisa dipelajari bukan hanya oleh kalangan santri saja, namun juga masyarakat luas.

BKD Kota Surabaya Siapkan Gedung Gelanggang Remaja Tambaksari untuk Gelar Tes CPNS 2018

"Kami berharap kitab kuning ini bisa didalami secara istiqamah, dan bukan dikaji dipesantren saja. Karena banyak isinya yang bermanfaat, seperti yang dilombakan ini adalah kitab Fathul Mu'in yang berisi fiqih ibadah," ucapnya.

Nantinya Irwan berharap perwakilan Jawa Timur bisa juara di tingkat nasional mempertahankan juara yang diperoleh pada tahun 2017.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ayu Mufihdah KS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help