Pileg 2019

Akhir Pekan, KPU Jatim Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur rencananya akan menggelar deklarasi kampanye damai untuk Pemilu 2019 mendatang.

Akhir Pekan, KPU Jatim Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019
SURYA/BOBBY KOLOWAY
KPU Jatim saat melakukan rekapitulasi suara tingkat provinsi Pilgub Jatim 2018, Sabtu (7/7/2018) di Grand City Mall Surabaya. 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur rencananya akan menggelar deklarasi kampanye damai untuk Pemilu 2019 mendatang. Berlangsung di Surabaya, acara ini rencananya akan dilaksanakan pada Minggu (23/9/2018).

Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, menyebut deklarasi ini sekaligus menjadi tanda dimulainya pelaksanaan kampanye pemilu 2019.

Pasca dibuka, masa kampanye untuk pemilu 2019 akan dilakukan pada 23 September 2018 hingga 13 April 2019 mendatang.

Pada acara tersebut, sejumlah stakeholder direncanakan hadir. Di antaranya, KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, hingga stakeholder lain. Mulai dari Gubernur, Wakil Gubernur, DPRD, hingga jajaran TNI dan Polri.

Dikira Sampah, Mayat Bayi Laki-laki Ditemukan di Tepi Sungai Bedadung Jember

Melalui sistem parade, deklarasi ini juga akan diikuti oleh perwakilan 16 partai politik, termasuk tim sukses calon presiden dan wakil presiden.

"Kami sekadar memfasilitasi peserta pemilu. Tentu harapannya, melalui acara ini akan sekaligus mengawali gelaran kampanye yang damai," kata Gogot di Surabaya, Rabu (19/9/2018).

Menggunakan sistem parade budaya, para peserta deklarasi akan mengenakan pakaian kebesaran adat lokal, maupun secara nasional.

Sempat Tertinggal, Marcus/Kevin Berhasil Menangi Perang Saudara pada Babak Pertama China Open 2018

Rencananya, ada beberapa alternatif tempat penyelenggaran acara ini. Di antaranya, Taman Mundu, Tugu Pahlawan, Taman Bungkul, hingga halaman KPU Jatim.

"Masih akan kami bahas lebih lanjut mengenai detail tempat hingga teknis kegiatan," imbuh Gogot.

Pihaknya berharap bahwa masa kampanye yang dinilai sebagai masa krusial bisa kondusif, aman, damai, guyub, dan rukun, sebagaimana pilgub Jatim lalu.

Anthony Ginting Kalahkan Lin Dan, Pecahkan 2 Rekor Sekaligus di China Open 2018, Jadi Trending!

"Gelaran tersebut sekaligus sebagai tindak lanjut dari edaran KPU pusat," lanjut Gogot.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi, mengatakan bahwa besar harapannya deklarasi kampanye damai bisa menjadi acuan kampanye tak melanggar PKPU yang ada. Di antaranya, penggunaan isu SARA di kampanye.

"Kampanye damai yang terlaksana di pemilu lalu bisa menjadi contoh dan acuan penyelenggaran kampanye untuk pemilu 2019 mendatang," lanjut Aang. (bob)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved