Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan Curhat Kekurangan 1533 Guru SD

selama empat tahun ini, aktivitas belajar mengajar di SDN di Kabupaten Magetan bisa berjalan karena bantuan guru tidak tetap (GTT)

Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan Curhat Kekurangan 1533 Guru SD
KOMPAS.com/TAUFIQURRAHMAN
ilustrasi SD Negeri 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Sejak empat tahun lalu, sekolah dasar negeri (SDN) di wilayah Kabupaten Magetan kekurangan sebanyak 1533 guru.

Sementara untuk SMPN relatif mencukupi jumlah guru, karena kalau pun ada kekurangan 79 guru, di saat yang sama juga ada kelebihan 77 guru.

"Maksudnya, saat ini SMPN kekurangan guru pendidikan jasamani, Bimbingan Konseling, Agama. Namun, kelebihan guru Bahasa Indonesia, Matematika, IPS, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN),"kata Kepala Bidang Pendidikan dan Ketenagaan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan Yusuf.

Menurut Yusuf, selama kurang lebih empat tahun ini, aktivitas belajar mengajar di SDN Kabupaten Magetan bisa berjalan karena batuan dari guru tidak tetap (GTT) yang hampir di seluruh sekolah dasar ada.

(Dapat Evaluasi Besar, Kapten Persebaya Ingin Bajul Ijo Putus Puasa Menang)

(Situs Pendaftaran CPNS Belum Bisa Dibuka, BKN Imbau Tunggu Sebentar)

"Saya berharap, pemerintah pusat bisa melaksanakan rekrutmen CPNS setiap tahun. Paling tidak kuota rekrutmen itu sama dengan jumlah guru yang pensiun,"jelas Yusuf.

Yusuf menilai, rekrutmen CPNS dilakukan setiap lima tahun sekali, itu terlalu lama.

Mengingat setiap tahun ada pengurangan guru yang jumlahnya lebih dari 100 guru.

"Dengan kekurangan itu, Dindikpora kebingungan kalau ada SD yang minta tambahan guru. Untuk saja masih ada GTT yang jumlahnya relatif bisa memperlacar kegiatan belajar mengajar di SDN,"papar Yusuf.

(Bank Jatim Perbesar Porsi Kredit yang Dimanfaatkan untuk Pembiayaan Infrastruktur)

(Kecelakaan di Bangil Macetkan Jalur Pantura Pasuruan- Probolinggo)

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Magetan Suko Winardi membenarkan akan mengumumkan pelaksanaan rekrutmen CPNS 2018 dan fornasinya, Rabu (19/9-2018).

"Kuota untuk rekrutmen yang akan diumumkan sebanyak 370 CPNS. Dari kuota sebanyak ini termasuk tenaga Kategori Dua (K2) yang jumlahnya sesuai alokasi yang diberikan sebanyak 14 orang dari total jumlah 345 orang,"ujar Suko Winardi.

Meski pelaksanaan rekrutmen CPNS diumumkan, namun untuk pelaksanaan ujian masih belum ditentukan kapan dilaksanakan, masih menunggu tim panitia pelaksanaan rekrutmen CPNS.

"Penerimaan sudah pasti, tapi pelaksanaan masih menunggu keputusan tim panitia. Yang pasti nanti pelaksanaan ujian bersamaan antara CPNS dan tenaga K2. Soal ujiannya saja yang beda,"kata Suko Winardi.(tyo)

Reporter: SURYA/Doni Prasetyo.

(Bank Jatim Perbesar Porsi Kredit yang Dimanfaatkan untuk Pembiayaan Infrastruktur)

(Inilah Web Resmi Berisi Informasi Detail CPNS Pemprov Jatim)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved