Hari Batik Nasional

Seluruh Pegawai Pemkab Jember Pakai Batik, Bebas Batik Apapun

Pegawai Pemkab Jember memakai seragam batik di Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober. Karenanya hari ini Selasa (2/10/2018) mereka pun

Seluruh Pegawai Pemkab Jember Pakai Batik, Bebas Batik Apapun
sri wahyunik/surya
Pegawai Humas Pemkab Jember ada yang tetap memakai seragam batik hari Selasa, ada juga memilih memakai batik di luar seragam untuk memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pegawai Pemkab Jember memakai seragam batik di Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober. Karenanya hari ini Selasa (2/10/2018) mereka pun memakai batik.

Sebenarnya setiap hari Selasa, pegawai Pemkab Jember memang berseragam batik. Batik yang dipakai sama berwarna dominasi hijau.

Mulai dari kepala daerah sampai staf memakai batik tersebut di hari Selasa.

Namun khusus di Hari Batik Nasional 2 Oktober, ada kebijakan membebaskan memakai batik bermotif dan berwarna apa saja.

"Batiknya bebas, asal batik. Biasanya hari Selasa memang memakai batik seragam yang warna hijau itu," ujar Yani, salah satu staf di Pemkab Jember kepada Tribunjatim.com.

Wali Kota Surabaya Risma dapat Penghargaan Scroll of Honour Award di Kenya

Sementara itu Bupati Jember Faida menegaskan batik merupakan warisan kebudayaan dan kemanusiaan Indonesia.

"Batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi, yang sudah ditetapkan oleh Unesco. Tentunya kita harus ikut jaga dan melestarikan," ujar Faida.

Pemakaian batik di tanggal 2 Oktober juga berdasarkan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri tentang pemakaian pakaian batik di Hari Batik Nasional.

Berdasarkan Keputusan Presiden No 33 Tahun 2009, 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Organisasi PBB untuk pendidikan, sains, dan kebudayaan (Unesco) menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi. (Tribunjatim.com/Sri Wahyunik)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help