BPJS Kesehatan Nunggak Hutang ke RSUD Magetan Sebesar Rp 20 Miliar, Pihak Rumah Sakit Kelimpungan

Pihak rumah sakit kelimpungan dan pontang-panting, setelah BPJS Kesehatan menuggak hutang ke RSUD Magetan sebesar Rp 20 miliar.

BPJS Kesehatan Nunggak Hutang ke RSUD Magetan Sebesar Rp 20 Miliar, Pihak Rumah Sakit Kelimpungan
BPJS Kesehatan 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Selama empat bulan BPJS Kesehatan menunggak klaim yang diajukan RSUD dr Sayidiman Magetan atas pelayanan kesehatan peserta BPJS.

Akibatnya, operasional rumah sakit milik Pemkab Magetan ini terganggu, karena anggaran untuk pengadaan obat dan gaji tenaga medis nyantol di BPJS.

"Saya rasa tunggakan BPJS terjadi di semua Rumah Sakit, nasional. Tidak hanya di RSUD Magetan menyeluruh," ungkap Dirut RSUD dr Sayidiman Magetan dr Yunus Mahatma Andre SpPD kepada Surya (Tribunjatim Network), Rabu (3/10/2018).

Menurut Mahatma, tunggakan total senilai Rp 20 miliar itu, klaim pelayanan kesehatan untuk empat bulan mulai Juni, Juli, Agustus dan September 2018 ini.

"Tunggakan klaim BPJS Kesehatan itu setiap bulan kurang lebih Rp 5 miliar. Kami berharap BPJS bisa konsisten dan segera memenuhi kewajibannya," jelas dokter spesialis penyakit dalam ini.

Dikatakan Mahatma, kewajiban rumah sakit, BPJS selalu menekan menekan dengan aturan yang ada, dan pihak rumah sakit selalu penuhi. Namun giliran membayar, BPJS selalu molor molor.

"Dengan kondisi seperti ini, berarti ada mis manajemen di BPJS, kok bertahun tahun kejadian berulang ulang begini terus," ucapnya.

Mahatma memastikan, bahwa hutang yang menunggak itu berdanpak pada operasional rumah sakit dan itu pasti. Setiap rumah sakit kalau tunggakan mandeg, apalagi sampai berbulan bulan, pastilah mengganggu.

"Marilah kita introspeksi diri, siapa yang profesional.Kalau memang konsisten segera bayar, jangan ditunggak tunggak lagi," imbuhnya.

Kepala Kantor BPJS Magetan Bambang, yang dikonfirmasi tidak mau memberikan penjelasan dan keterangan ke media. (Doni Prasetyo)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved