Hafal Lagu Garuda Pancasila, Warga Madiun Diberi Saweran Hingga Rp 3 Juta Oleh Bupati Kaji Mbing

Warga Madiun diberi saweran hingga Rp 3 Juta oleh Bupati Kaji Mbing, jika hafal Lagu Garuda Pancasila.

Hafal Lagu Garuda Pancasila, Warga Madiun Diberi Saweran Hingga Rp 3 Juta Oleh Bupati Kaji Mbing
SURYA/RAHADIAN BAGUS
Bupati Madiun, Kaji Mbing memilih panganan lokal sebagai hidangan atau suguhan di setiap acara di Pemkab Madiun. 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, memiliki kebiasaan unik untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan menanamkan rasa cinta tanah air kepada warga di Kabupaten Madiun.

Bila Presiden Jokowi kerap memberi hadiah sepeda, Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing ini sering memberikan hadiah berupa uang kepada warga yang hafal lagu "Garuda Indonesia".

Kaji Mbing menuturkan, sejak dilantik sebagai bupati terpilih, ia sering menghadiri acara tatap muka yang dihadiri warganya. Pada saat itulah, ia biasanya membuat tantangan berhadiah.

Berdayakan Panganan Lokal, Bupati Madiun Kaji Mabing Larang Keberadaan Snack Roti

Bagi warga yang berani tampil dan hafal menyanyikan lagu Garuda Pancasila, maka ia akan memberikan imbalan berupa uang.

"Sebelum jadi bupati saya tidak pernah 'nyawer'. Tetapi setelah dilantik menjadi bupati terpilih, saya 'sawer' warga saya yang hafal lagu Garuda Pancasila. Kalau sehari ada sepuluh tempat, sekali tempat Rp 300 ribu. Kan sehari bisa habis Rp 3 juta," katanya sambil tertawa, dihadapan ratusan pemuda lintas organisasi di Pendopo Graha Muda Madiun, Rabu (3/10/2018), peserta acara cangkrukan bersama Forkopimda.

Dikonfirmasi, Kamis (4/10/2018) Kaji Mbing membenarkan hal tersebut, namun sawer yang dia maksud dalam konotasi positif. Dia memberi hadiah kepada warga yang hafal menyanyikan lagu Garuda Pancasila, agar menumbuhkan semangat nasionalisme kepada warga lain yang hadir.

"Iya, nyawer itu kan bahasa cangkrukan. Saya beri hadiah," katanya.

Pakde Karwo Ungkap Hasil Survei Capres di Jatim, Hasilnya Njomplang Banget

Kaji Mbing, menururkan, dalam sehari terkadang ia bisa menghabiskan uang Rp 3 juta untuk memberi 'reward' bagi warganya yang hafal menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Dia mengatakan, ketika lagu Garuda Pancasila cukup populer di telinga warga Madiun, maka ia akan menggantinya dengan lagu nasional lainnya.

"Yang saya minta saat ini masih Garuda Pancasila. Nanti ganti lagu nasional yang lainnya, kalau sudah banyak yang hafal," katanya.

Seminggu lalu, Pemkab Madiun mengundang artis dangdut nasional Nela Kharisma dalam acara ramah tamah bupati baru dengan warga. Di sela-sela saat Nella Kharisma tampil, Kaji Mbing mengajak Nella Kharsima, serta ribuan warga dan Forkopimda yang hadir di acara menyanyikan lagu Garuda Pancasila. (Rahadian Bagus)

Jadi Bupati, Kaji Mbing Jadikan Silat untuk Bentengi Kabupaten Madiun

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved