Panen Buah Mangga di Kediri Melimpah, Harga Jualan Tetap Bertahan

Panen Buah Mangga di Kediri melimpah ruah, harga jualan para pedagang tetap bertahan.

Panen Buah Mangga di Kediri Melimpah,  Harga Jualan Tetap Bertahan
SURYA/DIDIK MASHUDI
Pedagang buah di Pasar Grosir Banyakan Kabupaten Kediri, Kamis (4/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - 

Musim panen buah mangga di Kabupaten Kediri telah mencapai masa puncaknya. Pasokan buah mangga dari petani yang dibawa ke Pasar Grosir Banyakan juga mulai melimpah.

Aneka jenis mangga hasil petani di wilayah Kabupaten Kediri didominasi jenis mangga podang, disusul kemudian mangga madu, gadung serta kopyor.

"Meski pasokan buah mangga meningkat, harga buah mangga di Pasar Grosir Banyakan masih bertahan," ungkap Gaguk, salah satu pedagang pengepul Pasar Grosir Banyakan, Kamis (4/10/2018).

Gaguk menjelaskan, harga mangga masih bertahan bagus karena masih laku di pasar serta belum masuk musim penghujan.

"Stoknya banyak harganya masih bagus," ungkapnya.

Harga tertinggi mangga gadung di pasar grosir sejak seminggu terakhir tetap bertahan Rp 10.000 per kg. Saat awal musim harga mangga gadung bahkan mencapai Rp 16.000 per kg.

Sementara harga mangga podang super (besar masak pohon) saat ini bertahan di kisaran Rp 8.500 per kg. Pada awal musim mangga awal September lalu harganya mencapai Rp 12.000 per kg.

Sedangkan harga mangga madu dan kopyor di kisaran Rp 4.000 per kg turun dari semula Rp 5.000 per kg. Harga mangga ini relatif murah di tingkat grosir karena tidak banyak peminatnya.

Mangga podang banyak dihasilkan dari wilayah Kecamatan Grogol dan Tarokan. Mangga dengan warga kuning ini biasa disebut mangga podang gunung karena banyak ditanam di kawasan lereng pegunungan.

Sebagian mangga dari Pasar Grosir Banyakan dibawa keluar daerah seperti Kota Surabaya, Malang, Tulungagung dan Blitar. (Didik Mashudi)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved