Terbukti Elastomer Jembatan Brawijaya di Kota Kediri Retak-retak

Bantalan elastomer Jembatan Brawijaya di Kota Kediri yang telah berhasil dilepas terbukti telah mengalami retak-retak.

Terbukti Elastomer Jembatan Brawijaya di Kota Kediri  Retak-retak
(Surya/Didik Mashudi)
Salah satu bantalan karet elastomer Jembatan Brawijaya, Kota Kediri yang dilepas telah retak, Jumat (5/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Bantalan elastomer Jembatan Brawijaya di Kota Kediri yang telah berhasil dilepas terbukti telah mengalami retak-retak. Keretakan elastomer diduga akibat yang dipasang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.

Pantauan Surya/TRIBUNJATIM.COM Jumat (5/10/2018) sudah lebih dari separuh elastomer lama Jembatan Brawijaya yang dilepas telah diganti dengan elastomer yang baru.

Penggantian saat ini dilakukan pada elastomer beton kaki jembatan yang ada di tengah Sungai Brantas. Petugas memanfaatkan eskafolding yang dipasang menempel pada beton kali jembatan.

Pelepasan dan pemasangan elastomer baru ini lebih sulit dibanding dengan pelepasan dan pemasangan elastomer yang ada di beton bantaran sungai.

Target Curi Tiga Poin di Kandang Arema FC, Persebaya Datang dengan Pasukan Kurang Sempurna

Dari sebagian besar elastomer yang telah dilepas juga terbukti telah mengalami krek atau keretakan. Ada krek yang retak-retak ringan, ada juga krek yang cukup parah.

Penggantian elastomer ini merupakan rekomendasi dari hasil penelitian tim ahli dari ITS. Karena tim peneliti menemukan elastomer yang telah retak.

Menurut Nurodi, teknisi yang mengawasi pelepasan dan pemasangan elastomer Jembatan Brawijaya, elastomer memang memiliki life time atau jangka waktu pemakaian.

Namun elastomer juga harus disesuaikan dengan kondisi jembatan berikut kendaraan yang setiap hari melewatinya.

"Elastomer merupakan bantalan dari karet alam. Di dalamnya ada plat baja dengan ketebalan 5 ml sebanyak 4 lembar plat baja," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Setiap jembatan memiliki standar yang berbeda elastomernya. Khusus untuk Jembatan Brawijaya elastomer baru yang dipasang dengan ketebalan 7 cm, lebar dan panjang 60 cm x 60 cm.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved