API Soroti Program Kartu Tani di Lamongan

Asosiasi Petani Indonesia(API) Cabang Lamongan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan Jawa Timur mengkritisi program Kartu Tani

API Soroti Program Kartu Tani di Lamongan
surya/Hanif Manshuri
Sarasehan tani dengan tema nempertanyakan manfaat kartu tani untuk petani di Kabupaten Lamongan di Gedung Handayani, Dinas Pendidikan, jalan KH Ahmad Dahlan, Kamis (11/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Asosiasi Petani Indonesia(API) Cabang Lamongan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan Jawa Timur mengkritisi program Kartu Tani yang belum berfungsi maksimal.

API meminta Pemkab Lamongan lebih proaktif dalam mendukung program dari pemerintah pusat tersebut.

Apa yang diungkapkan API itu terurai dalam sarasehan tani dengan tema nempertanyakan manfaat kartu tani untuk petani di Kabupaten Lamongan di Gedung Handayani, Dinas Pendidikan, jalan KH Ahmad Dahlan, Kamis (11/10/2018).

Menurut Ketua Dewan Tani Kabupaten Lamongan, Madekhan, tidak maksimalnya program Kartu Tani, karena masih banyak petani di Lamongan yang belum mengetahui fungsi Kartu Tani.

"Termasuk juga pendistribusiannya yang belum merata," kata Madekhan pada TribunJatim.com.

Terdampak Gempa Situbondo, 1 Masjid dan Bangunan Sekolah di Sumenep Rusak, 2 Rumah Rata dengan Tanah

Dalam penilaiannya, program tersebut tidak begitu menarik karena meski sudah menerima Kartu Tani, petani tidak mengetahui fungsinya. Hanya sekedar menerima kartu, namun penerapannya masih belum maksimal.

Madekhan juga menyoroti peran Dinas Pertanian dan dinilai belum memiliki komitmen untuk melaksanakan program Kartu Tani di Lamongan.

Karena sosialisasi dan pendampingan penggunaan Kartu Tani tidak dilaksanakan dengan baik, dengan berbagai alasan dukungan dana APBD Lamongan yang tidak memadai.

Ratna Sari Dewi Cium Aroma Soekarno Saat Haul Sang Proklamator, Rachmawati Ungkap yang Terjadi

Untuk itu, API Lamongan meminta kepada Pemkab Lamongan segera mendistribusikan
Kartu Tani dan mensosialisasikan manfaat Kartu Tani kepada masyarakat petani Lamongan, melalui pengikatan kinerja Petugas Penyuluh Lapangan (PPL).

PPL harus didayagunakan mendampingi petani dan memberikan pemahaman akan manfaat Kartu Tani. (TribunJatim.com/Hanif Manshuri)

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help