Mencari Pembuang Limbah ke Selokan, DLH Memeriksa Air Limbah dari Sumber Sandang

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulungagung menurunkan personil untuk menelusuri asal air yang mendidih, berbau bahan kimia dan berwarna biru

Mencari Pembuang Limbah ke Selokan, DLH Memeriksa Air Limbah dari Sumber Sandang
david yohanes/surya
Petugas DLH membuka tutup selokan untuk menelusuri asal limbah. 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulungagung menurunkan personil untuk menelusuri asal air yang mendidih, berbau bahan kimia dan berwarna biru pekat yang masuk ke saluran air.

Air itu dibuang pada Selasa (9/10/2018) sore di saluran yang bermuara di Sungai Ngrowo, Kelurahan Kutoanyar, Kecamatan Tulungagung.

Tiga orang personil DLH Kabuaten Tulungagung menyisir dari arah hilir, di saluran dekat Sungai Ngrowo. Di lokasi ini petugas memperhatikan warna air yang pekat.

Mereka kemudian membuka beberapa tutup selokan. Ada delapan titik yang diperiksa untuk memastikan arah sumber air itu.

Penelusuran sumber air ini kemudian berhenti di depan pabrik milik Sumber Sandang, di Jalan Dr Soetomo Tulungagung. Di depan produsen celana jin ini terdapat saluran air yang berasal dari dalam pabrik.

Pemprov Jatim Janji Akan Bangun Kembali Rumah yang Rusak di Lokasi Bencana Gempa Pulau Sapudi

Saluran ini adalah pembuangan air limbah yang sudah melalui pengolahan.

Kabid Penaatan DLH Kabupaten Tulungagung, Umar Sirojudin bersama dua staf kemudian memeriksa Instalasi Pengolahan Air Limbah milik Sumber Sandang.

Namun dari air yang dibuang lewat IPAL kelihatan jernih. Sementara di saluran buang di depan pabrik, air bercampur material seperti serat berwarna biru tua.

Umar kemudian mengambil sampel air dari pembuangan pabrik ini.

“Sampel ini nanti akan kami bawa ke laboratorium. Kami ambil di sumbernya, karena kalau di hilir sudah bercampur dengan limbah domestik,” terang Umar pada TribunJatim.com.

Halaman
12
Penulis: David Yohanes
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help