Mengintip Produksi Beragam Motor Honda di Pabrik AHM Plant Cikarang

Pabrik sepeda motor Honda, PT Astra Honda Motor (AHM) Plant Cikarang mengungkapkan mampu memproduksi 1 sepeda motor dalam kurun waktu 22 detik.

Mengintip Produksi Beragam Motor Honda di Pabrik AHM Plant Cikarang
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Proses perakitan sepeda motor Honda di pabrik AHM Plant 3 Cikarang, Selasa (16/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, CIKARANG - Pabrik sepeda motor Honda, PT Astra Honda Motor (AHM) Plant Cikarang mengungkapkan mampu memproduksi 1 sepeda motor dalam kurun waktu 22 detik yang terbagi dari 4 line.

GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, dalam waktu hanya 5,5 detik saja, 1 sepeda motor Honda selesai dirakit di pabrik AHM Plant 3 Cikarang.

"Proses melahirkan 1 unit sepeda motor Honda ada beberapa tahapan. Dimulai dari perakitan mesin, frame, pembuatan bodi, pengecatan, hingga perakitan unit," jelasnya kepada media saat proses tanya jawab usai kunjungan pabrik AHM Plant 3 Cikarang, Selasa (16/10/2018).

Dibuat dengan Standar Kualitas Internasional, Honda Brio Buatan Indonesia akan Diekspor

Astra Honda Motor Plant Cikarang Perluas Pasar Ekspor CBU dan CKD hingga ke Vietnam

Dia mengatakan, kapasitas produksi pabrik AHM Cikarang tersebut per tahunnya mampu mencapai 2,25 juta unit.

Beberapa produk sepeda motor Honda yang diproduksi di pabrik Cikarang ini diantaranya Honda Beat, Honda Vario 110, Honda Vario 125, dan Honda Scoopy.

"Pabrik Cikarang ini menjadi satu di antara kontribusi terbesar dalam produksi motor Honda. Sebab, jutaan sepeda motor Honda lahir dari sini," ungkapnya.

Lupakan Kegembiraan di MotoGP Thailand, Ini Harapan Maverick Vinales Saat MotoGP Jepang 2018

Dia menambahkan, Honda Beat Series sampai saat ini masih menjadi sepeda motor terlaris dengan populasi lebih dari 12 juta unit sejak pertama kali diproduksi.

Sementara itu, komponen sepeda motor di pabrik AHM Cikarang hampir 80 persen merupakan muatan lokal dengan total 1.300 lebih suplier.

Astra Honda Motor Plant Cikarang Targetkan Ekspor CBU dan CKD Meningkat di Akhir Tahun 2018

"AHM tidak memproduksi semua barangnya sendiri. Ada 1.300 lebih suplier yang memasok komponen-komponen motor Honda dari unit terkecil sampai paling besar. Yang kami produksi sendiri hanya 4 item vital saja. Selain itu, kami ambil dari suplier," terangnya.

Adapun pabrik AHM Plant 3 Cikarang dengan luas tanah 10,6 hektar ini memiliki lebih dari 8.000 karyawan bekerja, termasuk di antaranya karyawan yang berasal dari warga di lingkungan pabrik. 

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved