Penuhi Permintaan Pasar, AHM Lakukan Improvement dalam Peningkatan Kapasitas Produksi

Banyaknya permintaan unit sepeda motor sedangkan kapasitas produksi terbatas, diakui PT Astra Honda Motor (AHM) menjadi tantangan tersendiri.

Penuhi Permintaan Pasar, AHM Lakukan Improvement dalam Peningkatan Kapasitas Produksi
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Pabrik Astra Honda Motor (AHM) Plant 3 di Cikarang. Dalam setahun pabik AHM Cikarang mampu memproduksi sebanyak 2,2 juta - 2,4 juta unit sepeda motor. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, CIKARANG - Banyaknya permintaan unit sepeda motor sedangkan kapasitas produksi terbatas, diakui Astra Honda Motor'>PT Astra Honda Motor (AHM) menjadi tantangan tersendiri di pasar domestik saat ini.

Apalagi sejak tahun 2015 lalu, AHM juga memasarkan produknya untuk pasar ekspor baik dalam bentuk utuh maupun terurai.

Hal ini membuat kapasitas produksi perlu ditingkatkan lagi untuk memenuhi permintaan pasar.

"Oleh karenanya, sebagai upaya mengatasi kondisi tersebut AHM telah melakukan sejumlah inovasi dan improvement terkait produksi unit," ungkap GM Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi, seusai kunjungan Pabrik AHM Plant 3 Cikarang kemarin, Selasa (16/10/2018).

Pertahankan Pangsa Pasar, LG Luncurkan AC LG Dualcool with Watt Control, Lebih Hemat Berlipat!

Dodi mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk bisa meningkatkan kapasitas produksi terutama permintaan pasar domestik yang jumlahnya lebih besar dibandingkan pasar ekspor.

Menurutnya, dalam meningkatkan kapasitas produksi solusinya tidak hanya menambah plant semata.

Tetapi bisa dilakukan dengan hal lain, satu di antaranya melalui inovasi dan improvement.

"Seperti melihat di mana proses paling terlama. Apa itu bisa di perpendek kalau bisa ya dilakukan dan itu berarti produksi bisa dipertinggi. Improvement itu kami lakukan di AHM secara berkelanjutan," ungkapnya.

Cegah Calo, Polres Gresik Gandeng Aplikasi Online untuk Pembayaran Non Tunai Pengurusan SIM dan SKCK

Sebab, lanjutnya lagi, apabila ingin menambah plant dalam peningkatkan kapasitas produksi, membutuhkan waktu yang cukup lama yakni sekitar 1-2 tahun.

"Sementara apabila menerapkan sistim overtime, tentunya perlu memperhatikan beberapa hal. Karena kalau diterapkan sistem overtime itu sebenarnya memerlukan biaya yang lebih tinggi. Kalau kapasitas produksinya mencukupi, berarti sistem overtime itu tidak dilakukan," jelasnya.

Hingga akhir tahun 2018, AHM menargetkan mampu mengekspor kendaraan bermotor dalam bentuk dikapalkan secara utuh (CBU) sebanyak 175 ribu unit, sedangkan dalam bentuk terurai (CKD) 233 ribu unit.

Tercatat, sampai September 2018 sebanyak 125 ribu CBU sudah dieskpor sementara CKD mencapai 160 ribu.

Adapun secara keseluruhan, kapasitas produksi di Plant 3 AHM Cikarang dalam setahun mampu memproduksi sebanyak 2,2 juta sampai 2,4 juta unit. 

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved