Gempa Sumenep

Tangani Gempa di Sumenep, Pemprov Jatim Gelontorkan Dana Sebesar Rp 20 Miliar

Pemprov Jatim telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 20.336.500.000 untuk menangani pemulihan akibat gempa yang terjadi di wilayah Sumenep

Tangani Gempa di Sumenep, Pemprov Jatim Gelontorkan Dana Sebesar Rp 20 Miliar
TRIBUNJATIM.COM/M RIVAI
Pasien RSUD M Anwar Sumenep Madura berhamburan keluar setelah merasakan gempa, Kamis (11/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim, Aries Agung Paewai, mengatakan Pemprov Jatim telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 20.336.500.000 untuk menangani pemulihan akibat gempa yang terjadi di wilayah Sumenep pada tanggal 11 Oktober 2018 lalu.

Dana tersebut telah dialokasikan Rp 18 Miliar untuk rekonstruksi bangunan, Rp 2 Miliar untuk operasional rehabilitasi dan Rp 336 juta untuk pembentukan posko terpadu.

Aries menambahkan, Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial juga akan memberikan santunan bagi korban gempa.

Dengan rincian untuk korban meninggal sebesar Rp. 5 juta, korban luka berat Rp. 2,5 juta, luka sedang sebesar Rp. 2 juta, dan luka ringan Rp. 1,5 juta.

5 Fakta Pemerkosaan Bocah SD Pengungsi Korban Gempa Sulawesi Tengah, Pelaku Pemuda di Bawah Umur

“Dinas PU Cipta Karya, BPBD dan Kodam V Brawijaya telah melakukan pendataan sekaligus verifikasi jumlah kerusakan rumah dan langsung melakukan pembersihan dan perbaikan secara bertahap rumah dan bangunan yang rusak,” kata Aries pada TribunJatim.com, Kamis (18/10/2018).

Ditambahkan, dalam rangka mempercepat pemulihan pasca gempa pihak BPBD Kab. Sumenep sudah mengeluarkan pernyataan sebagai daerah darurat bencana.

Sehingga lebih mempermudah pelaksanaan penanganan bencana untuk membantu beberapa pihak dalam mencairkan anggaran bantuan, terutama pemerintah provinsi.

Untuk mempercepat penanganan pemulihan gempa sendiri, Aries mengatakan Pemprov Jatim telah bekerjasama dengan pihak TNI, Polri, serta Pemda Kabupaten Sumenep.

Hari Ini Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018 Kemenkumham, Begini Cara Mengeceknya

“Atas perintah Gubernur Jatim pemulihan diminta secepatnya ditangani, oleh sebab itu saat ini beberapa kegiatan pemulihan telah dilakukan dengan cepat bersama dengan berbagai pihak,” kata Aries.

Halaman
123
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved