Kampung Opak Gambir Plosokerep Kota Blitar, Kemas Opak Gambir Jadi Souvenir Hajatan

Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, selama ini terkenal sebagai kampung opak gambir.

Kampung Opak Gambir Plosokerep Kota Blitar, Kemas Opak Gambir Jadi Souvenir Hajatan
Surya/samsul hadi
Pekerja sedang membuat opak gambir di Kampung Opak Gambir, Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Selasa (23/10/2018). 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, selama ini terkenal sebagai kampung opak gambir.

Hampir semua warga di kelurahan itu memproduksi jajajan tradisional berbahan baku kelapa, beras ketan, dan gula tersebut.

Empat pekerja sibuk memproduksi opak gambir di toko milik UD Wijaya Kusuma, Jl Kemuning, Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Selasa (23/10/2018). Satu pekerja pria terlihat berdiri sambil mencetak opak gambir memakai mesin.

Dua pekerja perempuan lainnya tampak duduk menghadap cetakan opak gambir manual yang diletakkan di atas kompor.

Tangan mereka terlihat cekatan menuangkan adonan bahan opak gambir ke cetakan.

Dalam sekejap, adonan yang dituang ke cetakan itu diangkat lalu digulung menggunakan jari.

Suramadu akan Digratiskan, DPRD Fraksi PAN: Mengapa Gratis pas Tahun Politik

Satu pekerja perempuan lagi tampak tekun mengemas opak gambir yang selesai dicetak ke dalam plastik.

"Toko ini memang didesain sebagai galeri opak gambir. Selain untuk memasarkan produk, pembeli juga bisa melihat langsung proses pembuatan opak gambir di sini," kata pemilik UD Wijaya Kusuma, Dian Kartikawati pada TribunJatim.com.

Dian juga sebagai ketua paguyuban perajin opak gambir di Kelurahan Plosokerep. Ada 32 perajin opak gambir di kelurahan itu. Tapi, yang gabung di paguyuban baru 20 orang. Dengan adanya paguyuban itu, para perajin tidak hanya fokus memproduksi, tapi juga berusaha mengembangkan wisata edukasi opak gambir di Plosokerep.

"Di tempat saya ini memang untuk wisata edukasinya. Kalau ada tamu datang, dibawa ke sini untuk melihat proses pembuatan opak gambir. Hampir semua warga di sini memproduksi opak gambir, ada yang sudah turun temurun sejak kakek neneknya dulu," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved