Besok Pemkab Madiun Gelar Parade 1400 Pendekar

Pemerintah Kabupaten Madiun akan menggelar Parade 1400 Pendekar, Jumat (26/10/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Besok Pemkab Madiun Gelar Parade 1400 Pendekar
SURYA/RAHADIAN BAGUS
Tugu Perdamaian Pesilat di Madiun, usai diresmikan, Kamis (28/12/2017), di Jalan Pangeran Sudirman no 58, Mejayan, Madiun. 

TRIBUNJATIM.CO , MADIUN - Pemerintah Kabupaten Madiun akan menggelar Parade 1400 Pendekar, Jumat (26/10/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Ribuan pendekar akan melakukan parade mulai dari lapangan Desa Buduran, Mejayan menuju di Pendopo Ronggo Jumeno, Mejayan.

Kabid Pengembangan Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun, Isbani mengatakan, parade ini diikuti 14 perguruan silat yang ada di Kabupaten Madiun. Masing-masing perguruan, mengirimkan 100 pesilat untuk menjadi peserta parade.

"Ada 14 perguruan silat, masing-masing mengirim 100 perwakilan, jadi total ada 1400 pesilat yang akan terlibat dalam kegiatan parade ini,"kata Isbani [ada TribunJatim.com, Kamis (25/10/2018).

Setelah melakukan parade, kata Isbani, masing-masing perguruan pesilat akan menunjukan atraksi atau menampilkan gerakan silat khas perguruan masing-masing di halaman Pendopo Ronggo Jumeno di depan Bupati Madiun.

Persebaya vs Madura United, Berikut Susunan Pemain Kedua Kesebelasan

Isbani mengatakan, tujuan dari kegiatan Parade 1400 Pendekar ini adalah untuk menunjukan bahwa perguruan silat di Kabupaten Madiun bisa rukun dan menyuguhkan atraksi budaya yang menghibur.

"Kami ingin menunjukan bahwa perguruan silat di Kabupaten Madiun bisa rukun, sekaligus mempopulerkan silat kepada dunia, bahwa di Kabupaten Madiun ada 14 perguruan silat," kata Isbani pada TribunJatim.com.

Pada kegiatan ini, lanjut Isbani, Pemkab Madiun ingin mengangkat silat sebagai sebuah budaya, tidak hanya sekadar olahraga. Bahkan, kedepan harapannya bisa menjadi sebuah agenda wisata budaya di Kabupaten Madiun.

Rawan Macet di Waru Sidoarjo, Peserta Tes CPNS Telat 10 Menit Tak Boleh Ikut Tes

Dia menambahkan, saat ini Pemkab Madiun juga akan membangun gedung sekretariat, yang akan diisi perwakilan dari masing-masing perguruan silat. Gedung tersebut juga dilengkapi semacam arena pertunjukan yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menampilkan atraksi silat.

"Kalau di Ponorogo ada Kampung Reog, di Kabupaten Madiun ada Kampung Pesilat. Jadi nanti, wisatawan yang datang ke Kabupaten Madiun, bisa melihat pertunjukan silat di situ," katanya. (rbp/TribunJatim.com)

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved