Awal November Hujan Diprediksi Mulai Turun di Jombang, BPBD Minta Waspadai Banjir Tahunan & Longsor

Awal bulan November ini hujan diprediksi mulai turun di Jombang, BPBD minta waspadai banjir tahunan dan longsor.

Awal November Hujan Diprediksi Mulai Turun di Jombang, BPBD Minta Waspadai Banjir Tahunan & Longsor
TRIBUNJATIM/SUTONO
Bencana banjir yang melanda wilayah Mojoagung, Kabupaten Jombang di musim penghhujan tahun 2017. 

TRIBUNJATIM, JOMBANG – Awal musim hujan di Kabupaten Jombang diperkirakan terjadi pada awal November 2018. Untuk itu, BPBD mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah daerah rawan bencana, agar meningkatkan kewaspadaan.

"Lebih-lebih selain cuaca ekstrem dalam beberapa pekan terakhir, tingkat kelembaban tinggi berpotensi menimbulkan curah hujan tinggi yang itu bisa rawan bencana alam. Seperti banjir dan longsor," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi, Selasa (30/10/2018).

Khususnya lagi, kata Gunadi, untuk wilayah-wilayah secara historis dan geografis memang menjadi langganan bencana alam tersebut setiap tahunnya.

“Rilis dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), awal musim hujan diperkirakan pada awal bulan depan. Jadi masyarakat kami imbau meningkatkan kesiagaan, terlebih saat tejadi hujan,” jelas Gunadi.

Menurutnya, saat menjelang musim hujan tiba, tingkat kelembapan tinggi. Ini juga diperkirakan berdampak pada tingginya intensitas dan curah hujan disertai embusan angin kencang.

Selain itu, kata Gunadi, gempa bumi yang terjadi di Situbondo beberapa pekan lalu tidak menutup kemungkinan juga berdampak untuk wilayah Kabupaten Jombang. "Secara historis, pada 1963 pernah terjadi gempa bumi di Jombang," ucapnya.

Gunadi merinci, letak geografis lempeng bumi yang berpotenbsi gempa berada di wilayah Kecamatan Perak hingga Kecamatan Ploso, sepanjang alur Sungai Brantas.

“Meski kemungkinan gempa bumi ini kecil, tapi masyarakat harus tetap waspada,” pungkasnya. (sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved