Rumah Politik Jatim

Cawapres KH Ma'ruf Amin di Banyuwangi Kunjungi Pondok Pesantren dan Berziarah

Calon Wakil Presiden, KH. Ma'ruf Amin, melakukan kunjungan ke Banyuwangi. Dalam kunjungannya tersebut, Ma'ruf Amin, melaksanakan berbagai agenda.

Cawapres KH Ma'ruf Amin di Banyuwangi Kunjungi Pondok Pesantren dan Berziarah
Surya/Haorrahman
KH. Ma'ruf Amin disambut pengurus NU Banyuwangi. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Calon Wakil Presiden, KH. Ma'ruf Amin, melakukan kunjungan ke Banyuwangi. Dalam kunjungannya tersebut, Ma'ruf Amin, melaksanakan berbagai agenda.

Salah satunya, pasangan Joko Widodo tersebut berziarah ke makam Kiai Saleh Lateng, Rabu (31/10). Dalam ziarahnya tersebut, Ma'ruf turut membaca tahlil, doa, dan menabur bunga.

Kiai Saleh Lateng, merupakan salah satu kiai yang turut berperan dalam pendirian Nahdatul Ulama (NU), pada 31 Januari 1926.

Salah satu perjuangan yang nyata di NU, santri dari Syaikhona Kholil Bangkalan tersebut turut menyukseskan Muktamar IX NU pada 1934 yang digelar di pondok pesantrennya.

Di pesantren Kiai Saleh itu pula, Anshoru Nahdlatoel Oelama (ANO) yang menjadi cikal bakal GP Ansor resmi menjadi bagian dari NU.

Pelabuhan Kamal Sepi Setelah Jembatan Suramadu Gratis, Pakde Karwo: Kita Gunakan Primus Inter Pares

"Kiai Saleh ini sosok pejuang dan penggerak. Penting bagi kami untuk bisa meneladaninya," kata Ma'ruf Amin pada TribunJatim.com.

Tak hanya berkiprah di NU, Kiai Saleh juga berkontribusi besar dalam perjuangan mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Baik dalam pemikiran maupun konfrontasi fisik.

Bahkan, pada 1917, pesantrennya sempat dibakar oleh Belanda karena mengajarkan faham antikolonialisme pada santri-santrinya.

Selain berziarah ke makam Kiai Saleh, Ma'ruf silaturahmi ke Pondok Pesantren, Darussalam Blokagung.

KH. Ma'ruf Amin juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan asrama putra di pondok tersebut.

Selvia Gadis Obesitas Asal Lamongan, Kini Badannya Turun 9 Kg

Didampingi pengasuh Ponpes Darussalam, KH Hisyam Syafaat, KH Ma'ruf Amin meletakkan batu di dasar fondasi yang akan dibangun asrama untuk para santri itu.

"Semoga pembangunan asrama ini menjadikan ponpes ini bisa mencetak generasi muda penerus bangsa," kataKH. Ma'ruf Amin pada TribunJatim.com.

Ma'ruf juga memberikan tausiah di depan ribuan santri dan pengasuh Ponpes Darussalam. Ma'ruf meminta santri bisa memanfaatkan ilmunya dalam membangun di segala bidang.

"Ini masih suasana hari santri. Santri harus optimis. Karena santri, Indonesia meraih kemerdekaan, karena santri persatuan dan kesatuan masih terus bisa dijunjung tinggi di negara ini," tambahnya. (haorrahman/TribunJatim.com)

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved