Singgung Anomali Pemerintahan di Jatim, Pakde Karwo Ingatkan ASN Soal Pentingnya Etika & Integritas

Gubernur Jatim, Soekarwo mengingatkan pentingnya etika dan integritas dalam birokrasi terutama, dalam pelayanan publik kepada masyarakat.

Singgung Anomali Pemerintahan di Jatim, Pakde Karwo Ingatkan ASN Soal Pentingnya Etika & Integritas
ISTIMEWA
Gubernur Jatim, Soekarwo saat memberikan penghargaan kepada Bupati Magetan, Suprawoto untuk Kelompok Budaya Kinerja (KBK) OPD Kab/Kota, Terbaik I, Medica dari KBK Puskesmas Bendo, Dinas Kesehatan Kab. Magetan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jatim, Soekarwo mengingatkan pentingnya etika dan integritas dalam birokrasi, terutama dalam pelayanan publik kepada masyarakat.

Kedua hal tersebut menurut Pakde Karwo, sapaan akrabnya, harus menjadi komitmen kuat para Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk para pejabat agar tercipta pemerintahan yang bersih serta kepemerintahan yang baik.

Saat ini Provinsi Jawa Timur, lanjut Pakde Karwo, mengalami anomali dalam sistem pemerintahan.

Di satu sisi menerima banyak penghargaan, namun di sisi lain banyak pula pejabat yang terjerat kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT), terutama suap dan pemerasan.

“Kalau sistem semua kita sudah jalan, tapi integritas tidak bisa dimasukkan dalam sistem. Ibarat mesinnya sudah bagus tapi rohaninya yang belum. Tolong integritas dan etikanya dijaga terutama yang nilai SAKIP-nya sudah A. Ini bagian dalam membentuk insan kamil,” kata Pakde Karwo saat acara Penyerahan Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) dan Kompetisi Budaya Kinerja (KBK) Pemprov Jatim Tahun 2018 di Ruang Hayam Wuruk Lantai 8 Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Rabu (31/10/2018).

Kiat Sukses Jadi Penulis Buku ala Clarissa Goenawan, Pantang Menyerah dan Tak Harus Jadi Genius!

Pakde Karwo mengatakan, pelayanan publik harus mampu mengatasi problem disparitas, kemiskinan dan pengangguran.

Hal ini sesuai dengan konsep pembangunan inklusi, di mana tujuan pelayanan publik adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pelayanan publik harus bisa menyelesaikan problem ini. Inilah yang dinamakan pembangunan kerakyatan,” katanya.

Terkait dengan pelaksanaan AKIP di lingkungan Pemprov Jatim, Pakde Karwo meminta agar pengawasan, dalam hal ini peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), lebih diperkuat lagi.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved