Soal Warga di Jombang Protes Proyek Double Track, PT KAI Daop 7 Madiun: Warga Salah Sasaran

Terkait warga di Jombang yang memprotes proyek Double Track, Humas PT KAI Daop 7 Madiun menyatakan bahwa warga salah sasaran.

Soal Warga di Jombang Protes Proyek Double Track, PT KAI Daop 7 Madiun: Warga Salah Sasaran
TRIBUNJATIM/SUTONO
Alat berat backhoe sedang melakukan pengurukan pada proyek jalur ganda (double track) di Desa SAumbermulyo, Jogorot, Jombang. 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun, buka suara terkait protes warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang, yang merasa dirugikan atas proyek jalur ganda (double track) di desa setempat.

Daop 7 Madiun menyebut, tuntutan warga yang ditujukan kepada PT KAI soal dampak kerugian yang timbul akibat pengerjaan proyek jalur ganda di desanya adalah salah sasaran, Kamis (1/11/18).

Pernyataan itu disampaikannya Humas Manager Humas Daop 7 PT KAI Madiun, Ixfan Hendriwintoko, menanggapi pemberitaan di TribunJatim Netwotk, Rabu ( 31/10/ 2018).

Proyek Rel Ganda KAI Dinilai Merugikan, Warga di Jombang Siap Berdemo

Dalam berita itu, warga Desa Sumbermulyo, berencana demontrasi di lokasi pengerjaan proyek rel ganda di desa setempat. Warga merasa dirugikan karena proyek berdampak kepada kerusakan rumah warga.

"Saya menyesalkan pemberitaan ini. Apalagi ada tuntutan warga yang ditujukan kepada PT KAI. Untuk ini saya harus luruskan dari berita yang sudah beredar. Sebab, jika tidak diluruskan dapat merugikan nama baik PT KAI," ujar Ixfan melalui pesan WhatsApp kepada Surya.co.id (TribunJatim Network), Kamis (1/11/2018).

Menurut Ixfan, pekerjaan jalur ganda koridor Kedungbanteng-Madiun dan Madiun-Jombang murni pekerjaan Pemerintah.

Pamit Beli Bakso Usai Tiba Dari Hongkong, Sulastri Digrebek Suami Bareng TKI Berondong di Kamar Kos

Dalam hal ini Kementerian Perhubungan yang pelaksanaanya oleh Direktorat Jendral Perkeretaapian (Ditjenka).

"Jadi di sini PT KAI sebagai operator yang tugasnya mengantarkan pelangggan dari stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan, dengan selamat, aman, dan lancar termasuk melakukan perawatan sarana, prasarana agar terjaga keandalannya serta melakukan penjagaan aset," jelasnya.

Kata Ixfan, terkait pekerjaan jalur ganda di wilayah PT KAI Daop 7 Madiun, tepatnya di desa Sumbermulyo adalah tanggungjawab sepenuhnya Ditjenka melalui Satuan Kerja (Satker) dengan Sub Kontraktornya. 

"Sedangkan, PT KAI sifatnya mendukung dan melakukan pengawasan serta pengamanan agar perjalanan KA tetap selamat, aman, dan lancar. Mengingat ini pekerjaan strategis nasional yang harus betul-betul terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan," imbuhnya.

Ketua DPRD Jombang Dilaporkan ke Polisi Oleh Anggota DPRD Sesama Partai dari PDIP, Ini Pemicunya

Sementara itu, demonstrasi atau unjuk rasa yang rencananya dilakukan warga Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto, Jombang, Kamis (1/11/2018) ini ternyata dibatalkan sendiri oleh warga.

Ini karena Rabu malam (31/10/2018) telah muncul kesanggupan dari pihak pelaksana proyek, PT Prawira Mas,  untuk memberikan ganti rugi bagi warga setempat, yang terdampak proyek rel ganda tersebut.

Kesepakatan ini setelah dilakukan pertemuan antara warga, PT Prawira Mas selaku pelaksana proyek, aparat desa, polisi dan pihak kodim, Rabu malam. (Sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved